Daun dan Buah belimbing Wuluh

Jangan bayangkan belinbing ini memiliki bentuk seperti belimbing pada umumnya Belimbing sayur yang dikenal juga dengan sebutan belimbing wuluh adalah jenis buah yang biasanya digunakan oleh para ibu untuk memasak. Rasanya yang asam dapat nemperkuat rasa masakan.

Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini terkadang dianggap seba¬gai tanaman pekarangan saja, padahal tanaman tropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagian yang biasa digunakan, yaitu buah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyak me-ngandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosi- da, hingga kalsium. Salah satu yang paling dikenal orang, belimbing wuluh sebagai obat sariawan. Konon, rasanya yang masam mengandung vita¬min C yang tinggi, caranya dengan mengunyah atau ditempelkan pada bagian yang sariawan.

Khasiat lain adalah sebagai obat asma atau sesak napas. Cukup dengan merebus bunga belimbing wuluh dengan air dan gula batu. Lalu diminum 2-3 kali sehari sampai asma dan alerginya sembuh. Belimbing wuluh juga mampu mengobati batuk kering, kandungan kaliumnya mampu melancarkan dahak dan menurunkan panas. Sementara bagi penderita hipertensi, atasi juga dengan belimbing wuluh yakni dengan merebus 3 buah belimbing wuluh yang diiris dengan tiga gelas air sampai tinggal setengahnya. Kemudian, saring dan minum di pagi hari.

Manfaat dan Khasiat Daun dan Buah Belimbing Wuluh

Adapun khasiat dari belimbing wuluh adalah sebagai berikut.

- Pengobatan Jerawat
Untuk mengobati jerawat siapkan 3 buah belimbing wuluh segar. Cuci hingga bersih. Buah diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari. Atau
siapkan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang, digiling halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Ramuan ini dipakai untuk menggosok dan melumas muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.

- Pengobatan Tekanan Darah Tinggi
Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 gr yang sudah dicuci bersih. Biji srigading Mtumbuk halus. Masukkan ke dalam panci berisi 4 g^las air dan i?buslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu garing sebelum dtninum. Cukup diminum1 gelas sehari.
Buah yang besar dai*1 berwarna hijau dipauit, amibil airnya dan diminum. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah makan pagi.

- Obat Batuk
Daun, bunga, buah yang masing-masing sama banyaknya direbus dalam air yang mendidih selama 1/2 jam, dan minum airnya. Untuk batuk pada anak, ambillah 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temu giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/2 gelas. Setelah dingin lalu disaring, diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 kali 3 gelas.

- Pengobatan Diabetes
Sementara untuk Anda yang menderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing wuluh, lalu dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, minum 2 kali sehari.

- Pengobatan Gondongan
Setengah genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan. 10 ranting muda belimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Salurkan ke tempat yang sakit.

- Rematik
Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, tum-buk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokkan ke bagian yang sakit. 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkih dan 15 biji merica di¬cuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seper¬ti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ke tempat yang sakit. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia Champaca L), 15 biji cengkih, 15 butir lada hitam, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai un¬tuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

- Pegal Linu
Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 biji lada, digiling halus lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumurkan ke tempat yang sakit.

- Panu
Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com