Khasiat dan Manfaat Tanaman Jarak

Biji jarak mengandung ricine yang beracun tapi kadar racunnya akan berkurang bila dipanaskan. Biji jarak sebaiknya hanya digunakan sebagai obat luar.
Akarnya bisa digunakan sebagai obat penenang dan rematik.

Khasiat Jarak

1.    Sembelit Orang Dewasa: 8-10 biji jarak ditumbuk, lalu diberi sedikit air dan peras. Minum air perasan ini sekaligus.

2.    Sembelit pada Anak: Olesi beberapa lembar daun jarak dengan minyak kelapa. Setelah dilayukan di atas api, letakkan daun tersebut ke perut anak.

3.    Ketombe: Tumbuk halus beberapa lembar daun jarak, lalu oleskan ke kulit kepala. Lakukan ini sebelum keramas.

tanaman jarak

4.    Rematik:
Cara I: Segenggam daun jarak ditumbuk sambil diberi sedikit air. Lalu oleskan ke tempat yang sakit.
Cara II: 25 g akar jarak segar direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 2x sehari
Cara III: Beberapa helai daun jarak diolesi minyak kelapa, lalu dilayukan di atas api. Tempelkan daun ini ke tempat yang sakit

5. Menyuburkan Rambut: 20 - 30 biji jarak ditumbuk, lalu diperas untuk diambil minyaknya. Oleskan minyak itu ke kulit kepala.

6.    Mengencangkan Payudara: 3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 ibu jari jahe, 1 sendok teh garam ditumbuk sambil diberi % gelas air. Balurkan ramuan ini ke payudara Anda dan diamkan sampai kering. Setelah itu, cuci payudara dengan air hangat.

7.    Gusi Bengkak: 5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.
8.    Sakit Gigi: Teteskan getah jarak pada gigi yang berlubang.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com