Khasiat dan Mudarat Mengkonsumsi Teh

Secangkir teh hangat di pagi hari memang sangat menyegarkan. Seperti yang kita tahu, teh memang memiliki banyak manfaat yang baik selain menyegarkan tubuh juga untuk menjaga kesehatan kulit. Namun sebenarnya teh juga memiliki sisi negatif yang perlu kita ketahui. Berikut ini beberapa fakta dibalik minuman ini, baik tentang khasiatnya, juga tentang mudarat atau kerugiannya.

secangkir teh
Khasiat teh :
1. Telah lama dipercaya bahwa teh memiliki kadar antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Teh yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu membunuh sel kanker dan menurunkan kolesterol dalam darah karena adanya zat Polifenol di dalamnya.

2. Vitamin E pada larutan teh juga termasuk tinggi yaitu hingga 200IU, ini tentunya dapat menjaga elastisitas kulit dan juga menjaga kondisi jantung kita agar tetap sehat. Vitamin A dan Vitamin B komplek dalam teh juga baik sekali untuk kesehatan hati, mata, dan metabolisme dalam tubuh kita.

3. Kandungan monositrat dan juga flouride dalam teh dapat mengatasi bau mulut dan gangguan pada gigi.

Sisi Negatif teh :
1. Kafein serta asam oksalat dalam teh ternyata dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal pada tubuh. Oleh karena itu, hendaknya kita mengurangi konsumsi es teh.

2. Minum teh atau es teh yang terlalu manis ternyata bisa menghilangkan zat-zat baik yang ada di dalam teh itu sendiri.

3. Mengonsumsi teh di saat perut dalam keadaan kosong ternyata bisa berisiko timbulnya gangguan lambung.

4. Zat stimulan dan kafein dalam teh ternyata juga mampu mengganggu produksi air susu dan menimbulkan kontraksi pada ibu hamil dan menyusui jika dikonsumsi terlalu sering.
Pada dasarnya segala sesuatu itu tidak akan bermanfaat jika kita menggunakannya atau mengonsumsinya secara berlebihan.

close