Khasiat dan Pengobatan dari Beringin

Pohon beringin sangat identik dengan segala sesuatu yang berbau mistis. Banyak orang menganggap pohon besar ini suci dan tempat kekuatan magis berkumpul. Tak jarang pula orang yang berpikir kalau lokasi di sekitar pohon beringin adalah tempat yang "angker".
Dibalik semua rahasia yang tersimpan, pohon beringin ternyata memiliki manfaat besar dalam menyembuhkan sejumlah penyakit.

Beringin yang bernama Latin Ficus benyamina L, memiliki keting-gian sekitar 20 - 25 m. Batangnya tegak, bulat, dengan permukaan kasar. Pada bagian batang ini keluar akar gantung (akar udara). Pohon yang disebut waringin pada masyarakat Jawa dan Sumatera ini, memi¬liki bentuk daun tunggal, bertangkai pendek, dengan letak bersilang berhadapan. Bunganya tunggal, keluar dari ketiak daun, sementara buahnya buni berwarna hijau saat masih muda dan merah setelah tua.

beringin
Kandungan
Akar udara yang terletak pada bagian batang pohon beringin mengandung asam amino, fenol, gula, dan asam orange. Memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sejuk.

Khasiat
Akar dan daun adalah bagian dari tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit. Akar udara dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pilek, demam tinggi, radang amandel (tonsilitis), nyeri pada rematik sendi, dan luka terpukul (memar). Sementara daunnya berkhasiat menyembuhkan influenza, radang saluran napas (bronkitis), batuk rejan (pertusis), malaria, radang usus akut (akut enteritis), disentri, dan kejang panas pada anak.

Ramuan dan Takaran

•    Atasi kejang panas pada anak.
Siapkan sekitar 100 gr daun beringin segar. Cuci bersih lalu rebus bersama 5 liter air selama 25 menit. Gunakan air rebusan ini selagi hangat untuk memandikan anak yang sakit.

•    Obat amandel.
Untuk mengobati amandel, kita memerlukan akar udara beringin. Siapkan akar udara beringin sebanyak sekitar 180 gram, lalu siapkan pula cuka sebanyak 1 gelas.
Rebus akar beringin dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sebelum direbus sebaiknya potong-potong dahulu akar beringinnya. Setelah direbus tambahkan cuka lalu biarkan air rebusannya dingin.
Cara menggunakannya, pakai hanya untuk kumur, dan lakukan beberapa kali sehari.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com