Langkah Mudah Atur Penggunaan Air

Air merupakan kebutuhan pokok sehari-hari manusia. Walaupun 71% permukaan bumi diselimuti oleh air, hal tersebut tidak berarti kebutuhan air dapat dipenuhi dengan mudah oleh siapa saja. Masyarakat yang tinggal di ibu kota Jakarta pun tidak jarang harus membeli air dengan harga yang sangat mahal karena air bersih sangat langka. Bagaimana dengan nasib masyarat di desa-desa terpencil? Pentingnya air bagi kehidupan hendaknya membuat kita makin bijak untuk hemat air. Kita harus dapat menggunakan air dengan tepat dan sehemat mungkin meskipun air mudah didapat di daerah kita.

hemat air
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghemat air. Langkah hemat air dapat dilakukan dengan melakukan pengontrolan dan pengendalian penggunaan air secara tepat. Penggunaan shower untuk mandi merupakan langkah bijak dalam rangka menghemat air. Penggunaan air saat mandi akan lebih terkontrol dengan menggunakan shower. Memasang aerator pada keran dapat dilakukan pula untuk membatasi aliran air keran. Hal ini sudah terbukti bahwa aerator dapat menghemat air rumah tangga sebesar 30%.

Adapun segera memperbaiki keran yang bocor dan mematikan keran sesegera mungkin setelah tidak dipakai dapat mengurangi jumlah air yang terbuang percuma. Aktif memantau penggunaan air dengan memasang meteran efektif pula untuk mengontrol diri dalam penggunaan air dan dapat pula untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya kebocoran. Demikian beberapa langkah mudah menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

close