Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Mengkudu atau biasa pula dise-but Pace memiliki aroma yang tidak enak, namun kandungan senyawa di dalamnya sangat berkhasiat mengo-bati berbagai penyakit. Kemampuan zat aktif nalkaloid proxeronin yang terkandung dalam buah mengkudu sangat bermanfaat untuk menghambat dan mengatasi sel kanker.

Dari sebuah penelitian dapat disimpulkan bahwa mengkudu dapat melancarkan kinerja berbagai kelenjar di dalam tu-buh, membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mempercepat pertumbuhan sel-sel yang sudah rusak/ mati, mampu mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol tinggi, melancarkan kinerja ginjal, mengurangi dampak alergi, dan mengatasi peradangan. Hal ini disebabkan kandungan senyawa antrakuinin, scol- optin, adaptogini yang aktif sebagai antijamur dan mikroba serta menyegarkan tubuh dan menambah stamina.

buah mengkudu

Manfaat dan Khasiat Mengkudu

Mengkudu berkhasiat melembabkan kulit sehingga kulit menjadi halus dan mulus jika diolah sebagai lulur. Mengkudu juga banyak mengandung protein yang membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan aneka zat penting lainnya yang dibutuhkan tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap gempuran berbagai penyakit akibat pola hidup tak sehat dan cuaca yang ekstrim. Mengkudu pun dipercaya dapat mengatasi beberapa penyakit dan berperan sebagai adaptogen yang menyeimbangkan fungsi tubuh sekaligus mengendalikan rasa sakit yang berpusat di otak. Namun bagi penderita sakit jantung, sebaiknya tidak mengonsumsi mengkudu karena bisa meningkatkan denyut jantung.

close