Manfaat dan Khasiat dari Lengkuas

Siapa tak kenal lengkuas atau laos dalam bahasa jawa atau laja dalam bahasa Sunda? Ternyata, lengkuas tidak hanya menyedapkan dan mengharumkan masakan, namun memiliki berbagai khasiat luar biasa. Lengkuas [Languas galangal (L)) terdiri dari 2 jenis, yaitu lengkuas yang berimpang putih dan merah. Rimpang merah ditengarai memiliki khasiat obat yang lebih baik.

Manfaat dan Khasiat Lengkuas


khasiat lengkuasLengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tum¬buhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umum¬nya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisio¬nal yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata KSchum.

Lengkuas mengandung galangol, alpine, kamfer, galangin, methylcinnamate serta berkhasiat antibakteri dan jamur. Lengkuas juga bisa menambah nafsu makan, menghangatkan dan membersihkan tubuh (detoksifikasi), mengencerkan dahak pada batuk, dan memiliki khasiat afrodisiak bagi pasutri yang memiliki masalah dengan gairah seksual. Sementara, kandungan kimia lengkuas, yaitu, galangun, minyak atsiri, kaempfena dan eugenol berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, seperti mulas berlebihan, diare, kolik usus dan penyakit herpes. Cara mengonsumsi lengkuas adalah dengan mengiris atau memarut kemudian diambil saripatinya dengan cara diperas atau diseduh, kemudian diminum.

Manfaat Lengkuas

1. Gangguan perut; kembung, sebah.
2. Paru
3. Kurap
4. Eksema
5. Bercak-bercak kulit dan tahi lalat
6. Demam disertai pembesaran limpa
7. Pembersihan sehabis bersalin (nifas)
8. Radang telinga
9. Bronkhitis
10. Masuk angin
11. Diare
12. Sakit gigi karena angin dingin
13. Obat kuat (aphrodisiak).

Jika Anda memperhatikan bentuk fisik kitolod, Anda pasti merasa sangat familiar dengan tumbuhan yang satu ini. Ya, kitolod sering kita temui di pinggir-pinggir selokan, di sela-sela dinding lembab, di kebun-kebun yang tak terurus. Siapa sangka tanaman liar ini ternyata salah satu jenis herbal yang memiliki khasiat hebat.
Tanamam yang termasuk famili Campanuaceae ini berasal dari Hindia Barat. Hati-hati dengan getah kitolod yang berwarna putih karena mengandung racun. Kitolod juga memiliki buah yang bcrbentuk seperti lonceng, merunduk dan merekah dua bagian serta berbiji banyak dengan warna putih dan bentuk bulat telur. Daun kitolod memiliki senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan saponin.

Bunga kitolod dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes mata, mengobati luka, dan sakit gigi. Namun sebaiknya, berkonsultasi dengan ahli herbal bersertifikat sebelum mengonsumsi kitolod secara langsung.
Manfaat dan Khasiat Kitolod
- Mengobati mata merah
- Mata gatal;
- Mata minus dan plus
- Infeksi mata
- Katarak
- Nyeri dan perih pada mata.

close