Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat. Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. la dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak.
Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkih dan rasanya pahit.

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

daun kemangi


- Dibuat teh sebagai pereda batuk

Di Benua Afrika d.in di Negara In¬dia, kemangi biasa diolah menjadi teh. Caranya, dengan menyeduh kemangi segar dengan air panas dan ditambah¬kan sedikit gula. Teh kemangi biasanya diminum saat pergantian musim, yaitu saat penduduk mulai terserang batuk, pilek, dan demam.

- Dibuat minyak atsiri
Negara-negara Eropa biasa me-nyuling daun kemangi dan mengam¬bil minyak atsirinya untuk digunakan sebagai campuran dalam pembuatan biang parfum, obat-obatan, losion, per¬men pelega tenggorokan, minyak go¬sok, dan minyak aroma terapi.

Selain itu, daun kemangi juga memiliki kandungan betakarotetu, provitamin A, dan vitamin C. Kandungan betakaroten berfungsi mendukung penglihatan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, protein untuk memperbaharui sel-sel yang telah mati dan menggantinya dengan sel baru, dan sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari aneka penyakit degeneratif. Kemangi pun mengandung vitamin C untuk memelihara elastisitas kulit dan membantu terjadinya penyerapan zat besi dan kalsium. Kemangi juga kaya akan mineral makro yang penting bagi pertumbuhan dan pembentukan tulang, penyerapan gizi, dan memperlancar peredaran darah.

close