Manfaat dan Khasiat Daun Salak

Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh men-jadi rumpun yang rapat dan kuat.Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm.

Daun majemuk menyirip, panjang 3-7 m; tangkai daun, pelepah dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu sampai kehitaman. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8 x 85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin.

Manfaat dan Khasiat Daun Salak


daun salak


Pada pengobatan herbal, daun dari tanaman salak dipercaya berfungsi untuk menghilangkan penyakit ambeien atau wasir. Caranya, daun salak direbus dengan air kemudian diberi gula merah dan disaring. Lalu, diminum dua kali sehari untuk pengobatan penyakit wasir yang belum terlalu parah.
Pada penelitianyangdilakukanoleh Institut Tekhnologi Bandung, dihasilkan kesimpulan bahwa secara tradisional seduhan daun salak dengan nama ilmiah (Gaertner) Voss., Arecaceae tersebut digunakan untuk mengobati gagal ginjal kronis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan ekstrak air daun salak dapat membantu pemulihan gagal ginjal dengan dosis 260 mg/kg bb selama 7 hari berturut-turut.

close