Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing

Kumis kucing (Orthosiphon grandiflarus) adalah tumbuhan semak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, terutama negara-nega¬ra beriklim tropis. Bagian dari tanaman kumis kucing yang paling bermanfaat adalah daunnya. Daun kumis kucing mengandung kadar kali¬um yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh. Kumis kucing juga sudah terbukti khasiatnya untuk penyembuhan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat.

Manfaat dan Khasiat Kumis Kucing


tanaman kumis kucing


Kumis kucing juga memiliki khasiat meringankan kejang otot ringan, batu ginjal dan masalah kantong empedu karena memiliki kan¬dungan antiallergic, antihipertensi, antiinflamasi dan diuretik. Selain itu, tanaman ini pun digunakan sebagai obat untuk arteriosclerosis (pada pembuluh kapiler dan gangguan pada peredaran dan tekanan darah). Cara mengonsumsi kumis kucing bisa melalui perebusan daun dan bunga, bisa juga dengan jalan pengeringan daun dan bunga kemu¬dian diseduh air hangat.

Indonesia yang sangat kaya dengan aneka tumbuh-tumbuhan obat, sudah lama mengenal manfaat dari daun keji beling. Karena telah terbukti khasiatnya selama beberapa generasi sebagai penyembuh berbagai ma-cam penyakit. Tumbuhan keji beling sebenarnya sering dapat kita jumpai tumbuh liar di pekara-ngan atau kebun. Tumbuhan ini juga mudah sekali tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah, tampaknya tumbuhan keji beling ini sangat mudah beradaptasi di iklim tropis seperti di Indonesia.

close