Manfaat dan Khasiat Lada atau Merica

Selain untuk bahan atau bumbu dapur, merica atau disebut juga dengan lada memiliki khasiat untuk pengobatan. Ternyata, banyak sekali khasiat dan kegunaan merica atau lada di antaranya sebagai obat asma, masuk angin, dan diare. Di samping itu, merica memang berfungsi untuk menghangatkan ba-dan, hawa panas yang timbul bisa mendongkrak stamina laki-laki jika dicampur dengan jehe dan telur ayam kampung. Sebagai obat asma dan diare, merica cukup dihaluskan dan diseduh dengan air panas, apabila sudah hangat baru diminum setiap hari sampai sembuh.

Merica pun dapat diolah sebagai minuman kesehatan, misalnya wedang poka dari Madura. Minuman hangat yang berbahan dasar meri¬ca, jahe, kapulaga, se-rai, dan gula merah, ini sangat manjur me¬ngobati masuk angin dan badan yang terasa lemas. Pada masakan sup obat yang berasal dari Cina, merica juga berperan aktif bersa¬ma pala dan bunga la¬wang berpadu dengan ayam kampung atau iga sapi. Masakan sup obat ini bisa menyem-buhkan influenza, menambah nafsu makan, dan juga menghangatkan badan yang masuk angin.

Manfaat dan Khasiat Lada/Merica


lada merica- Khasiat merica di antaranya:
- Mengobati impotensi.
- Mengobati rematik.
- Mengobati malaria.

Caranya, ambil 1/2 sendok teh lada/merica dan kopi, lalu seduh dengan air panas. Lalu dapat langsung diminum sebelum rasa sakit mulai datang. Dapat juga ditambahkan dan diramu dengan mencam-pur daun pepaya, yaitu tangkainya, sepotong temu ireng, seperempat daun tarum dan garam. Cara meramunya sangat mudah dengan meng¬haluskan semua bahan lalu ditambah setengah gelas air, peras lalu sa¬ring dan siap diminum 2-3 kali sehari.

close