Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di Afrika. Tamanan ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

tanaman lidah buaya


Selain menyuburkan rambut, lidah buaya pun berkhasiat mengobati ber-bagai macam jenis penyakit, misalnya radang tenggoro- kan, bisul, rambut rontok, wasir, kulit memar, pecah- pecah, lecet, diabetes meli- tus, dan serangan jantung.

Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkaksendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit sehingga berfungsi sebagai pencahar yang baik. Sejauh ini,belumada penelitianyang mengatakan efek samping penggunaan lidah buaya. Namun, yang perlu diingat, sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu dapat menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai antimikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembapkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com