Manfaat dan Khasiat Pegagan

Pegagan (centella asiatica) yang berasal dari Asia ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berbunga sepanjang tahun.Tanaman ini terdiri atas dua jenis, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan juga disebut sebagai "makanan otak" karena dipercaya dapat meningkatkan IQ, kemampuan belajar, serta memori. Selain itu, dapat juga menanggulangi lemah mental pada anak-anak. Karena khasiatnya, kini pegagan dimanfaatkan di seluruh dunia Namun, negara-negara di Eropa dan Amerika menganjurkan agar seseorang yang berusia di bawah 19 tahun tidak mengonsumsi pegagan. Tumbuhan ini diolah dengan berbagai cara sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk herba kering, bubuk, herba segar, bahkan salep.

Istimewanya, seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar kerap memanfaatkan pegagan. Satu hal yang perlu diingat, pemakaian obat-obatan herbal tidak boleh dilakukan lebih dari 6 minggu. jika masih ingin melanjutkan konsumsi, sebaiknya mengambil jeda sekitar dua minggu dulu.
Kandungan Pegagan
Di dalam pegagan terkandung cukup banyak senyawa kimia. Beberapa
di antaranya adalah:

•    Triterpenoid
Senyawa ini adalah senyawa yang paling penting- dari tanaman pegagan. Triterpenoid berfungsi meningkatkan fungsi mental lebih baik dan memberi efek menenangkan. Kandungan ini juga dapat merevitalisasi pembuluh darah sehingga memperlancar peredaran darah menuju ke otak.

•    Asiaticoside
Senyawa ini masih bagian dari triterpenoid. Fungsinya me-nguatkan sel-sel kulit dan meningkatkan perbaikannya, mensti-mulasi sel darah dan sistem imun, dan tergolong sebagai salah satu jenis antibiotika yang alami.
Namun, ada pendapat yang menganjurkan agar orang yang mempunyai sel tumor atau kanker tidak mengonsumsi pegagan karena kandungan asiaticoside, karena zat ini menyebabkan terjangkitnya tikus percobaan dengan tumor. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi.

•    Brahmoside
Senyawa ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah.

•    Brahminoside
Senyawa ini merupakan protein penting bagi sel otak.
Pegagan juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, seng, tembaga,
betakaroten, vitamin BI, B2, B3, C.

Manfaat dan Khasiat Pegagan


tanaman pegagan



Seperti sudah disinggung sebelumnya, pegagan memiliki banyak sekali khasiat bagi orang yang mengonsumsinya. Berikut ini beberapa khasiat pegagan yang sudah diakui.

•    Antilepra dan antilupa.
•    Menurunkan tekanan darah dan menghambat terjadinya keloid.
•    Menurunkan gejala depresi, mencegah varises, dan memperlancar air seni.
•    Mengatasi gangguan pencernaan dan membersihkan darah.
•    Mengatasi wasir dan konstipasi.
•    Menyembuhkan flu dan sinusitis.
•    Mengatasi TBC kulit, gigitan ular, dan bisul.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com