Manfaat dan Khasiat Pisang Batu

Pisang batu merupakan tanaman jenis pisang yang memiliki banyak biji dalam buahnya. Pisang merupakan buah manis yang banyak diminati sebagai buah pencuci mulut. Buah yang memiliki berbagai macam jenis ini memang mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh kita, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, hingga beragam mineral.

Pisang batu (Musa brachy- carpa) memiliki berbagai man¬faat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Buah pisang batu rasanya ma¬nis dan memiliki sifat dingin se¬hingga sangat cocok digunakan sebagai astrigen.

Manfaat dan Khasiat Pisang Batu


pisang batu


Buah pisang ini dapat di-pergunakan sebagai masker pada kulit wajah karena diper¬caya bisa menghaluskan kulit. Selain itu, pisang pun ber¬manfaat sebagai pelumas usus, penawar racun, penurun panas, antiradang, peluruh kencing (diuretic), dan laksatif ringan. Sementara, akar pisang pun ternyata memiliki khasiat se¬bagai penawar racun, peredam panas, mendinginkan darah, an¬tiradang, dan peluruh kencing.

Penelitian menunjukan bahwa hati batang pisang pun memiliki kha¬siat sebagai penu¬run panas dan untuk perawatan rambut. Selain itu, cairan hati pisang mengatasi infeksi saluran ken¬cing, menghentikan pendarahan (hemo- statik), penurun pa-nas, serta penghitam dan mencegah ram¬but rontok. Bahkan, buah pisang yang masih muda dan akarnya pun berkha¬siat sebagai astrigen atau menyegarkan. Buah pisang yang masih muda berkha¬siat antidiare, dan untuk pengobatan tukak lambung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung pisang batu yang diberikan pada tikus dapat mencegah timbulnya tukak lambung (ulcus peptic) jika tikus tersebut diberikan aspirin. Hal itu bisa terjadi akibat meningkatnya sekresi lender (mucus) di lambung.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com