Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara

Rumput yang banyak tumbuh liar di pinggir selokan-selokan dan tempat berair atau lembab ini tak disangka memiliki khasiat yang luar biasa. Rumput mutiara (Oldenlandia corymbosa) memiliki cabang- cabang yang banyak, tumbuh bergerombol, batangnya bersegi-segi dan agak rapuh, letak daunnya berhadapan, runcing di bagian ujung, memiliki rambut-rambut halus.
Seluruh bagian rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat, baik dalam segar maupun melalui proses pengeringan. Di Cina, rumput ini pun cukup populer sebagai salah satu herbal penyembuh.

Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara

rumput mutiara



Khasiat rumput mutiara antara lain menyembuhkan radang usus buntu, tersumbatnya saluran sperma sehingga sulit punya keturunan, radang amandel, hepatitis, gondongan, infeksi saluran kemih, bisul dan borok. Kandungan senyawa dalam rumput mutiara antara lain ursolic acid, stigmasterol, hentriacontane, beta-sitosferol, dan flavonoid glycosides. Hati-hati dalam mengonsumsi rumput mutiara, sehari maksimal 15-50 gram rumput mutiara yang direbus dan diminum airnya satu gelas saja. Apabila berlebihan, dapat mengakibatkan penurunan sel darah putih dan rasa kering pada mulut dan kerongkongan.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

1 komentar:

26 Januari 2015 11.29 delete

Bener nih bisa untuk membantu kesehatan??
Cara mengolahnya seperti apa?

Thanks :)

Reply
avatar

www.sebats.com