Manfaat dan Khasiat Sirih Merah

Sirih merah atau Piper crocatum memiliki banyak manfaatnya. Selain menyembuhkan berbagai gangguan penyakit, sirih merah juga digunakan dalam acara-acara keraton dan digunakan para putri untuk menghaluskan kulit. Seiring dengan penelitian yang dilakukan terhadap sirih merah ini, ditemukan bahwa sirih merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsiri, saponin, hidroksikaficol, kavicol, 3 kavibetol, allylprokatekol, karvokrol, eugenol, P-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan fenil propoda.
daun sirih Merah
Senyawa flavonoid dan polifenol sendiri berguna sebagai anti: oksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena dia¬betes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini meru¬pakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus. Kan¬dungan senyawa karva- kol dalam sirih merah memiliki manfaat seba¬gai desinfektan dan an- tijamur, sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan.

Selain itu, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berfungsi analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka. Meramu
sirih merah dapat dilakukan dengan dua cara, dalam keadaan segar dan dikeringkan. Sirih merah juga dapat digunakan sebagai ramuan tunggal maupun digabungkan dengan jenis herbal lain.

Manfaat dan Khasiat Sirih Merah


Sirih merah adalah tumbuhan merambat yang ditanam orang karena khasiat pengobatan dan juga keindahan daunnya. Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan sirih maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan asal Sulawesi ini adalah Piper ornatum, namun beberapa pustaka mengacaukannya dengan Piper crocatum, tumbuhan yang tidak dibudidayakan yang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah stroke, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com