Manfaat dan Khasiat Tanaman Putri Malu

Semua hal yang terdapat di dunia ini bukan diciptakan tanpa sebab, semua ada hal yang bisa kita manfaatkan ataupun kita jadikan pembelajaran. Seperti halnya daun putri malu, yaitu tumbuhan yang daunnya selalu mengerut saat disentuh. Secara biologi, tindakan putri malu tersebut dikarenakan kepekaannya terhadap rangsangan. Namun, secara sifat tindakan tersebut dianggap sebagai sifat pemalu pada tumbuhan, karena itulah disebut putri malu.

Selain pemalu, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk pengobatan penyakit mulai dari akar sampai daunnya. Putri malu (Mimosa pudica L.) banyak kita jumpai di rumput- rumput liar dan juga merupakan salah satu tumbuhan liar.

Bagi yang masih belum tahu putri malu, tanaman ini memiliki bentuk daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau (ada yang warna kemerah-merahan), memiliki duri di batangnya. Tanaman ini kadang berbunga juga, bentuk bunganya bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai.

tumbuhan putri malu

Ciri khas tumbuhan ini adalah tumbuhan ini sensitif sekali dengan sentuhan sehingga daunnya akan mengatup begitu disentuh dan tumbuhan ini walaupun banyak orang tahu dan pernah lihat tanaman putri malu ini, akan tetapi tidak banyak yang tahu kalau ternyata putri malu ini berkhasiat sekali baik secara medis maupun empiris.

Hampir semua bagian dari putri malu ini berkhasiat, dari daun, akar, sampai ke seluruh tanaman, baik masih segar atau dikeringkan. Baik secara medis maupun empiris, putri malu bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit.
Kandungan:

•    Tanin
•    Mimosin
•    Asam pipekolinat
Khasiat

•    Hepatitis
Rebusan putri malu telah diuji mampu mencegah dan mengobati hepatitis. Caranya dengan merebus putri malu sebanyak 10 gram dengan air 200 cc sampai mendidih selama 15 menit. Hasil rebusan diminum rutin.

•    Susah Tidur (Insomnia)
Bagi orang yang menderita susah tidur, bisa mencoba untuk merebus sebanyak 30-60 gram daun putri malu dan diminum airnya. Atau rasanya mungkin akan lebih enak kalau mencampur 15 gram daun putri malu dengan 15 gram daun sawi langit (vemonia cinerea) dan 30 gram daun calincing lalu direbus dan airnya kemudian diminum.

•    Bronchitis Kronik
Penyakit Bronchitis adalah merupakan salah satu penyakit paru-paru. Bagi yang punya penyakit, bisa merebus 60 gram akar putri malu dengan sebanyak 600 cc air, direbus dengan api kecil sehingga menjadi 200 cc. Lalu airnya dibagi untuk dua kali minum.

•    Batuk Berdahak
Tanaman ini juga berkhasiat untuk yang sedang batuk apalagi yang banyak dahaknya. Caranya rebus akar putri malu sebanyak 10-15 gram lalu airnya diminum.
•    Rematik
15 gram akar Mimosa pudica direndam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu. Kemudian ditempelkan di tempat yang sakit.

•    Lain-lain
Selain khasiat tersebut, putri malu juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit lainnya. Akar dan bijinya berkhasiat untuk merangsang muntah. Bahkan para ahli pengobatan Cina dan juga penelitian AS serta Indonesia mengindikasikan bahwa tanaman putri malu bisa mengobati berbagai macam penyakit antara lain radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak, dan herpes. Hal ini dikarenakan putri malu mengandung sifat kimiawi dan efek farmakologis manis, astringen, agak dingin. Penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitusive), penurun panas (antipiretic), anti radang (anti¬inflammatory), peluruh air seni (diuretic).

Peringatan

Tapi harus diperhatikan juga kalau tanaman ini berbahaya bagi ibu hamil. Jadi bagi ibu hamil, tidak boleh mengonsumsi tanaman ini karena bisa mengakibatkan kematian pada janin, juga harus diperhatikan bahwa penggunaan akar putri malu dalam dosis yang tinggi bisa menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com