Manfaat dan Khasiat Teh

Teh adalah minuman yang sangat familiar di dunia. Teh berasal dari daun teh yang dipetik dari pohon teh [Camelia sinensis). Dewasa ini, teh sudah dikemas dengan berbagai bentuk yang menarik. Misalnya, teh saring, teh seduh, teh c§lup, stik, teh bubuk, atau teh yang dipres.
Pengelompokan Teh Berdasarkan Tingkat Oksidasi:

• Teh Putih
Teh ini tidak mengalami proses oksidasi. Proses pengeringan dan penguapan juga dilakukan dengan sangat singkat. Dibanding jenis lain, teh ini diproduksi dalam jumlah yang sedikit sehingga harganya tergolong mahal. Teh ini jarang ditemui di luar Cina. Terkenal dengan kualitasnya karena diambil dari pucuk teh terbaik.

•    Teh Hitam
Teh ini mengalami fermentasi paling lama dibanding teh lainnya, antara 2 minggu hingga 1 bulan. Hal ini membuat warnanya sangat pekat dan aromaya begitu kuat. Teh ini paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia, terutama Inggris.

•    Teh Hijau
Teh hijau tidak mengalami proses oksidasi, namun melewati pengeringan dan penguapan yang lebih lama dibanding teh putih. Biasanya, mulai diolah setelah dipanen satu atau dua hari kemudian.

•    Teh Kuning
Proses pengolahannya tidak jauh berbeda dengan teh hijau dan dinilai sebagai teh yang bermutu tinggi.

•    Teh Oolong
Teh ini tidak menjalani proses oksidasi hingga tuntas karena segera dihentikan di pertengahan jalan.

Kandungan Teh
Teh mengandung berbagai zat yang berguna bagi orang yang mengonsumsinya. Berikut ini zat-zat yang terkandung di dalam teh.
•    Vitamin K
Dalam proses pembuatan teh, vitamin C dan E banyak hilang. Namun, teh ternyata memiliki vitamin K yang tinggi.
•    Mineral
Teh mengandung sejumlah mineral yang menyehatkan bagi tubuh manusia.
• Polifenol
Salah satu jenis antioksidan yang lebih efektif 100 kali lipat dibanding vitamin C.
• Essential Oil
Teh mengandung protein yang berperan dalam membentuk aroma serta bermanfaat untuk melarutkan lemak.
• Kafein
Jumlah kafein di dalam teh tidak sebanyak kopi dan bermanfaat memperlancar sirkulasi darah ke otak.
•    Fluoride
Fluoride adalah zat yang berperan untuk memperkuat tulang dan gigi.
•    Glutamic Acid
Zat yang terkandung di dalam teh dan memberi efek menenangkan setelah diminum.

Manfaat dan Khasiat Teh

daun teh

Teh putih mengandung katekin yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan berperan sebagai antioksidan. Sementara, teh hitam berguna untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus mencegah kantuk. Teh hijau juga memiliki katekin, tapi kadarnya lebih tinggi dibandingkan teh putih. Fungsinya antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, hingga menghaluskan kulit.

Teh Oolong juga menyimpan banyak manfaat di antaranya mengobati sakit kepala, mengontrol kolesterol, menurunkan kadar gula, serta membantu kinerja pencernaan.
Selain manfaat di atas, secara umum teh masih memiliki keistimewaan lainnya, seperti menurunkan risiko terkena penyakit hati, membantu tubuh melawan berbagai virus, menyehatkan gusi, mencegah sesak napas, mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah radang tenggorokan, melindungi lever, mencegah keracunan makanan, memperlambat penuaan, hingga membantu menghalangi penyebaran virus HIV.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com