Manfaat dan Khasiat Tumbuhan Rosela

Saat ini, nama rosela cukup populer di dunia, tak terkecuali di Indonesia Rosela memiliki lebih dari 300 spesies yang hidup dan berkembang di daerah tropis serta non tropis. Salah satu spesies yang dianggap memiliki manfaatnya adalah rosela merah. Karena bunganya yang indah, awalnya rosela hanya dijadikan tanaman untuk memperindah rumah.

Belakangan, kelopak bunganya mulai diseduh dan dijadikan minuman. Ada juga yang memanfaatkannya menjadi selai, salad buah, bahkan jeli. Tak jarang ada yang mengonsumsinya sebagai campuran minum kopi. Dulu, orang awam lebih mengenalnya sebagai esen berwarna merah dengan aroma yang khas dengan nama frambozen.

tumbuhan rosela


Kelopak rosela dapat dipanen setelah berumur maksimal 4 minggu. Secara kasat mata, dapat dilihat dari kulit pembungkus biji majemukyang telah membuka. Untuk mengetahui kualitas dari kelopak rosela, caranya mudah saja. Aroma sitrus yang khas akan keluar ketika kelopak sudah dikeringkan. Warna merah dan rasa asamnya pun cepat larut jika disiram air panas. Kelopak rosela biasanya dijemur selama 3 hari.

Kandungan Rosela
Biji rosela biasa dimanfaatkan untuk mengobati kekurangan darah, kelesuan, dan penyakit kulit. Daunnya digunakan untuk merawat luka, gigitan serangga, dan penyakit kulit.

Manfaat dan Khasiat Rosela
- Meredakan peradangan sendi;
- Mengobati infeksi saluran kemih;
- Meredakan panas dalam dan menurunkan demam tinggi;
- Mencegah stroke dan hipertensi;
- Mencegah kanker, kista, dan tumor;
- Menghilangkan wasir dan migren;
- Menghancurkan lemak;
- Mencegah peradangan saluran kencing dan ginjal.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com