Beberapa Faktor Pemicu Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit yang banyak menyebabkan kematian, untuk itu kewaspadaan kita harus tinggi akan bahaya jantung koroner ini. Berikut penyebab utama atau pemicu penyakit jantung koroner:
• Tekanan darah tinggi (hipertensi)
• Diabetes: Banyak penderita diabetes meninggal bukan karena meningkatnya gula darah, namun karena komplikasi jantung.
• Merokok: Asap rokok tidak hanya buruk untuk paru-paru, tapi juga untuk jantung. Rokok dapat melemahkan dinding pembuluh darah dan menyumbatnya, sehingga mengganggu peredaran darah.
• Kegemukan (obesitas): Berat badan berlebih dan ekstra lemak di organ dalam akan memaksa jantung bekerja lebih berat.
• Gaya hidup tidak sehat: Tidur tidak teratur, malas bergerak, tidak berolahraga, kurang istirahat
• Stres: Penelitian menemukan bahwa bila seseorang menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa.

PENYAKIT JANTUNG BAWAAN:

Penyakit jantung bawaan adalah adanya kelainan struktur dan fungsi jantung yang ditemukan sejak bayi dilahirkan. Kelainan terjadi pada saat janin masih dalam kandungan. Penyebab timbulnya penyakit jantung yang dibawa bayi ketika lahir ada dua hal yaitu:

- Genetik; orangtua yang memiliki kelainan genetik tertentu akan lebih berisiko memiliki bayi dengan penyakit jantung bawaan.
- Lingkungan; merupakan penyebab yang sering ditemukan. Misalnya ketika hamil ibu terkena infeksi yang disebabkan oleh virus rubella, herpes, atau kurangnya asupan gizi, merokok, penggunaan obat-obatan atau menenggak alkohol.

janntung koroner

WASPADAI GEJALA SERANGAN JANTUNG
• Rasa nyeri yang sangat kuat, merasa sesak seperti terjepit pada dada, tenggorokan dan perut. Angina merupakan perasaan sesak di dada seperti diremas-remas yang timbul akibat otot jantung tidak mendapat darah yang cukup.
• Sesak napas akibat masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru.
• Kelelahan atau kepenatan. Jika jantung tidak efektif memompa maka aliran darah ke otot akan berkurang dan menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah.
• Timbul rasa mual dan pusing bahkan sampai muntah dan pingsan.

HINDARI MAKANAN YANG TIDAK BAIK UNTUK JANTUNG
Salah satu makanan yang menjadi penyebab terjadinya serangan jantung yaitu makanan cepat saji (junk food). Makanan ini banyak mengandung lemak yang tidak baik bagi organ jantung. Konsumsi secukupnya,
jangan berlebihan. Makanan olahan yang kerap Anda jadikan camilan seperti keripik. Bukan berarti sama sekali tidak bisa dikonsumsi, namun makan secukupnya saja.

Telur, terutama kuning telur, makan secukupnya karena mengonsumsi kuning telor berlebihan dapat meningkatkan kolesterol. Hindari makanan yang banyak mengandung garam. Karena garam berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Tak hanya makanan asin, makanan manis pun jika diasup secara berlebihan maka akan menyebabkan penyakit diabetes. Dan diabetes merupakan salah satu faktor risiko penyakit pada organ jantung.

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, aneka produk susu dan juga kelapa atau santan. Boleh dikonsumsi namun jangan berlebihan karena dapat menyebabkan arteri pada organ jantung mengeras dan menyempit.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com