Bukan Sekedar Mengisi Waktu Luang

Bagi sebagian orang tua, bermain seringkali terkesan kurang baik, padahal ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari permainan anak. Ada banyak hal positif yang anak-anak dapatkan setelah memainkan beberapa kegiatan. Hal positif ini baik secara langsung maupun tidak langsung akan terasa dan bermanfaat ketika mereka dewasa kelak. Oleh karena itu, peran orang tua bukan untuk melarang anaknya bermain, tetapi mengarahkan putra-putri mereka agar bermain pada hal-hal yang baik dan positif. Beberapa manfaat dari bermain bagi anak adalah

- Melatih kemampuan sosialisasi dengan sesamanya.

anak bermain
Dalam bermain, akan terjadi interaksi antar sesama anak, di situlah terjalin komunikasi. Hal ini akan membuat anak untuk terbiasa bersosialisasi dengan teman sebaya di masa depan. Tipe permainan ini mengedepankan kerjasama tim untuk memenangkannya. Dengan adanya tujuan tersebut, jiwa sosial anak akan terbentuk, saling menolong satu sama lain, memaafkan kesalahan dan hidup rukun bersama teman-temannya.

- Membentuk fisik anak.

Beberapa permainan ini akan membentuk motoris anak untuk senantiasa bergerak yang juga dikatakan sebagai olahraga ringan bagi anak-anak. Bentuk permainan ini misalnya sepakbola, loncat tali, kasti, gobak sodor, petak umpet dan permainan sejenis. Kaki dan tangan anak akan terlatih untuk bergerak sehingga proses yang terjadi dalam tubuh akan menyehatkan. Adapun yang perlu diperhatikan adalah pilihkan lokasi yang aman baik dari sisi lalu lintas maupun hal-hal lain. Karena mobilitas seorang anak masih tinggi, cari lahan yang luas sehingga tidak ada anak yang saling bertubrukan atau menubruk tembok penghalang.

Permainan anak dapat menjadi hal yang positif, asal peran kita sebagai orang tua untuk tetap mengawasi dan membatasi jam bermain dari anak-anak.

close