Cegah Timbulnya Jerawat dengan Pare

Rasa pahit memang bukan merupakan suatu rasa yang bisa diterima, apalagi disukai semua orang. Namun, buah pare ternyata mengandung sejuta manfaat di balik kepahitannya. Nah, anak-anak termasuk kelompok yang paling anti terhadap rasa aneh seperti ini. Namun, ketika anak-anak menginjak masa remaja, sebagian besar mengalami kulit berjerawat sebagai salah satu gejala yang sering kali muncul pada masa pubertas. Saat inilah, mereka kadang mulai belajar menikmati dan memetik manfaat dari buah pare. Itu tergolong salah satu cara mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami.

Kulit berjerawat bisa disebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif pada kulit, akumulasi minyak, serta adanya sel-sel kulit mati dan bakteri yang menyebabkan peradangan di pori- pori. Kulit berjerawat dapat menyerang umur berapa pun, tetapi paling sering pada usia remaja. Cara mencegah kulit berjerawat antara lain rajin membersihkan wajah, memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih, berolahraga secara teratur, serta tidak memegang dan memencet jerawat yang akan menyebabkan masalah jerawat semakin parah.


manfaat pare
Buah pare adalah buah yang kaya serat. Rasa pahit buah ini disebabkan oleh kandungan cucurbitacins. Buah ini juga mengandung vitamin A, B, dan C, asam amino, kalsium, fosfor, serta betakaroten. Betakaroten merupakan zat yang berkhasiat menjaga kesehatan mata. Betakaroten pun sebagai zat yang dapat memperkuat jaringan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, betakaroten juga sebagai antioksidan yang bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh, sehingga mampu mencegah sel kanker, penyakit jantung, dan memperlambat penuaan. Kandungan vitamin C dalam buah pare juga berkontribusi dalam menjaga kecantikan kulit. Vitamin C ini pun sanggup membantu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

Cara menggunakan buah pare guna mencegah dan menghilangkan jerawat adalah mengonsumsi jus pare dan masker pare. Caranya, ambillah buah pare, cucilah hingga bersih, kemudian belahlah menjadi 2. Buanglah bijinya, potonglah buah pare dengan ukuran 3 cm, lalu tumbuklah hingga keluar air atau sarinya. Minumlah air pare tersebut, dan gunakan ampas dari air itu sebagai masker.

Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Dengan masker alami yang bebas bahan pengawet ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan dampak negatif kandungan zat- zat kimia dalam masker bagi kulit. Untuk mencapai hasil yang maksimal, tentunya masker itu harus digunakan secara rutin, misalnya seminggu sekali.

Selain memuluskan kulit, buah pare juga dapat menurunkan berat badan. Khasiat ini hanya bisa dicapai dengan mengonsumsi 2-3 buah pare mentah (yang belum dimasak). Buah pare juga mengandung zat yang mampu mengeliminasi lemak secara efektif. Adapun beberapa perusahaan kefarmasian memproduksi zat tersebut dalam jumlah besar untuk membuat produk penurun berat badan. Tetapi, mengonsumsi 2-3 buah pahit ini sekaligus tentu bukanlah hal mudah dan bisa ditoleransi sistem pencernaan semua orang.

close