Hilangkan Flek Hitam dan Putihkan Wajah dengan Bengkoang

Bengkuang adalah umbi berwarna putih dengan bentuk seperti gasing. Bengkuang atau yang dikenal dengan nama Latin Pachyrizns erosus merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis Amerika dan termasuk suku Fabaceae atau polong- polongan. Bengkuang ialah liana tahunan yang bisa mencapai panjang 4-5 m dan panjang akar sekitar 2 m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Meskipun umbinya dapat dimakan, bagian tanaman bengkuang yang lain sangat beracun karena mengandung rotenon. Zat ini, terutama yang ada pada biji bengkuang, sering kali dimanfaatkan sebagai pembunuh serangga (pestisida) atau tikus secara alami, serta menangkap ikan dengan cara meracuninya.

Selain biasa digunakan sebagai bahan kudapan, seperti acar dan asinan ataupun dimakan secara langsung, bengkuang memiliki banyak manfaat. Umbi bengkuang mengandung gula, pati, fosfor, serta kalsium. Umbi bengkuang juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air yang cukup tinggi, yakni 86-90%. Umbi ini sangat bagus bagi penderita diabetes lantaran rasa manis yang ditimbulkan tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Hal itu dikarenakan rasa manis berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

bengkoang

Selain kesehatan, bengkuang juga bermanfaat bagi kecan¬tikan, khususnya kulit. Bengkuang dikenal bisa membersihkan dan memutihkan kulit, termasuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Buah ini sangat baik bagi kulit karena mengandung pachyrhizon, serta vitamin B; dan C.
Nah, berikut beberapa tips untuk merawat kulit wajah Anda dengan bengkuang:

a.    Bengkuang untuk Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam serta membersihkan dan mencerahkan wajah, Anda bisa memanfaatkan bengkuang dengan membuatnya sebagai masker. Untuk membuat masker bengkuang, ikuti berbagai tahapan berikut:
1) Ambillah bengkuang secukupnya, lalu parutlah.
2) Usapkan hasil parutan pada wajah.
3) Tunggulah sekitar 10-15 menit hingga agak kering, kemudian cucilah wajah seperti biasanya.

b. Bengkuang untuk Memutihkan Kulit

Bengkuang biasa digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Dan, memang ada banyak produk pemutih kulit, baik untuk kulit tubuh maupun wajah, yang mengandung ekstrak bengkuang.
Untuk mendapatkan manfaat bengkuang dalam memutihkan kulit, Anda dapat melakukan beberapa tahapan berikut:

1) Ambillah buah bengkuang secukupnya.
2) Parutlah umbi bengkuang tersebut.
3) Jemurlah hingga kering.
4) Simpanlah hasil parutan bengkuang yang telah kering itu.
5) Saat menggunakan hasil parutan tersebut, campurkan dengan air mawar.
6) Pergunakan seperti masker.

close