Jenis Kulit Normal pada Wajah

Kulit normal relatif gampang dirawat. Kelenjar minyak pada kulit normal biasanya "tidak bandel" karena minyak (.sebum) yang dikeluarkan seimbang, tidak berlebihan maupun kekurangan. Meskipun demikian, kulit normal pun tetap perlu dirawat supaya senantiasa bersih, kencang, dan segar. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran pada kulit normal dapat menjadi jerawat. Selain itu, kulit yang tidak terawat mudah mengalami penuaan dini, seperti keriput, dan tampilannya pun tampak "lelah".

Kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang, sehingga kelembapannya sangat terjaga dengan baik. Ukuran pori-pori kulit normal adalah sedang. Bila Anda mencubit bagian kulit wajah, kulit tersebut akan segera kembali ke tempatnya. Selain itu, jenis kulit ini terlihat segar dan bersih, serta mudah dirias- Adapun garis dan tanda-tanda penuaan akan muncul sejalan bertambahnya umur.
Adapun ciri-ciri kulit wajah normal ialah sebagai berikut:

a. kulit lembut,
b. lembap,
c. segar, dan
d. tidak terlihat minyak yang berlebihan, juga tidak terlihat kering.

Walaupun jika dilihat sepintas tidak bermasalah, kulit normal tetap harus dijaga dan dirawat dengan baik. Bila tidak terawat, kekenyalan dan kelembapan kulit normal akan terganggu, karena tumpukan kulit mati dan kotoran dapat menyebabkan jerawat.

close