MANFAAT TERAPI AKUPUNKTUR UNTUK KESEHATAN

Akupunktur merupakan metode penyembuhan kuno yang menggunakan jarum yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, China. "Akupunktur dilakukan dengan cara menusukkan jarum yang terbuat dari besi yang tidak berkarat atau baja, pada titik-titik tertentu di dalam tubuh, sehingga akan menimbulkan efek menyembuhkan penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh serta menyeimbangkan unsur- unsur dalam tubuh," terang dr Fifi Mutia dari Klinik Terapi Akupunktur Kecantikan dan Kesehatan, Kelapa Gading.

Sekarang metode pengobatan ini telah dikenal dan berkembang ke berbagai negara hingga ke Indonesia. Ilmu pengobatan China ini percaya bahwa penyakit, disebabkan oleh aliran energi yang tidak lancar ke seluruh tubuh. Sehingga bagian tubuh yang tidak teraliri energi secara sempurna akan mengalami gangguan kesehatan atau penyakit. Di sinilah fungsi jarum yang ditusukkan ke titik-titik tertentu yang akan memperbaiki kelancaran aliran energi tersebut.

Belakangan ini tidak sedikit para wanita melirik terapi akupunktur untuk merawat kecantikan. Terapi ini juga cukup aman karena tak perlu memasukkan zat-zat kimia ke dalam tubuh. "Awalnya akupunktur hanya untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh, namun dengan perkembangan zamam dan kebutuhan masyarakat maka berkembang menjadi akupunktur untuk kesehatan dan kecantikan," jelas dr Fifi Mutia. Akupunktur untuk menunjang kecantikan semakin diminati dan bisa Anda coba untuk mempercantik diri karena mampu membuat kulit muka menjadi sehat, kenyal dan awet muda hingga melangsingkan tubuh.

AKUPUNKTUR UNTUK KESEHATAN

terapi akupunktur
Metode pengobatan ini membagi tubuh manusia menjadi 5 unsur, yang diintreprestasikan dalam simbol organ-organ dalam tubuh, yaitu jantung, paru, ginjal, liver dan lambung/limpa. "Nah kelima unsur ini kalau seimbang berarti tubuh kita sehat. Jika salah satu itu ada yang terganggu, misalnya lemah atau malah terlalu kuat maka pasti tubuh kita akan sakit. Akan muncul gejala seperti pusing, mual atau vertigo, badan sakit di daerah tertentu atau gejala lain yang menandakan tubuh kita terganggu," jelas dr Fifi Mutia.

Namun tidak semua penyakit bisa disembuhkan oleh terapi akupunktur. "Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan akupunktur di antaranya diabetes, hipertensi, pemulihan pasca stroke, maag,
asma, insomnia, batuk, infertilitas, depresi dan masih banyak yang lain. Namun penyakit seperti tumor yang harus dibedah atau kelainan anatomi tidak bisa disembuhkan akupunktur. Namun untuk kelainan fisiologis,
bisa disembuhkan dengan terapi ini.

AKUPUNTUR UNTUK MENYEMBUHKAN HIPERTENSI

Untuk pengobatan hipertensi, maka cara kerjanya akan dicari dahulu apa penyebab penyakit tersebut. Karena hipertensi dapat terjadi karena penyebab yang berbeda-beda. Dianalisa terlebih dahulu, karena hipertensi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, karena penyakit jantung, ginjal, atau liver. Apakah pasien baru saat itu mendapat serangan, atau hipertensi muncul karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga dan lain-lain.

Baru kemudian akan diberi terapi akupunktur yang sesuai," lanjut dr Fifi. Jika hipertensi itu disebabkan oleh faktor keturunan maka butuh waktu untuk penyembuhannya. Menurut dr Fifi, jika pasien menjalani akupunktur dan juga dalam perawatan dokter, sebaiknya obat dari dokter tetap dikonsumsi namun perlahan-lahan dosis dikurangi bahkan bisa dihilangkan sesuai kesembuhan penyakit. Jika pasien rutin melakukan akupunktur maka penyakit perlahan-lahan akan sembuh.

TERAPI AKUPUNKTUR UNTUK KESUBURAN

Akupunktur menjadi salah satu alternatif terapi bagi pasangan yang sulit mendapat keturunan. Menurut metode pengobatan China maupun kedokteran konvensional, ketidaksuburan (infertilitas) bisa disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi di dalam organ dalam tubuh, sehingga menimbulkan gangguan pada kualitas sel telur. Nah, terapi akupunktur dipercaya mampu mengembalikan fertilitas dengan terlebih dahulu meningkatkan kerja organ yang terganggu. "Sekarang ini para dokter kandungan juga menyarankan pasiennya yang akan melakukan program bayi tabung agar tiga bulan sebelumnya untuk melakukan akupunktur terlebih dahulu.

Dengan terapi ini maka kondisi pasangan pun akan lebih baik sehingga kelancaran program bayi tabung pun tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Misalnya sel telur yang kualitasnya kurang baik, atau sperma baik kualitas maupun kuantitasnya kurang baik, dengan akupunktur akan diperbaiki atau ditingkatkan. Jika didiagnosa mengalami gangguan pada organ reproduksinya, wanita yang ingin hamil sebaiknya segera menjalani terapi ini. Tak hanya istri, suami juga harus ikut terapi agar kualitas sperma lebih baik lagi.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com