Membuat Bakso Rendah Lemak

Bagaimana cara membuat bakso yang rendah lemak? Untuk meyakinkan diri anda bahwa bakso yang anda konsumsi itu rendah lemak sebaiknya anda membuatnya sendiri. Dengan begitu kualitas bakso akan lebih terjaga. Belum lagi banyaknyagosip seputar bakso yang berkualitas buruk belakangan ini. Seperti dibuat bukan dari daging sapi, mengandung boraks, dan lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang takut untuk membeli bakso. Maka dari itu ikutilah tips berikut ini untuk membuat bakso yang rendah lemak, sehingga bakso bukan saja lebih sehat tapi juga nikmat.

1. Gunakan daging bebas lemak

Para perempuan yang diet biasanya enggan menyantap bakso karena takut akan kandungan lemaknya. Untuk mengurangi tingkat lemak dalam bakso, gunakan daging sapi yang bebas lemak. Memang ada sebagian orang yang merasa bakso tanpa lemak kurang lezat. Tetapi jika Anda ingin menggunakan daging yang berlemak, cobalah campur dengan daging yang tanpa lemak.

2. Gunakan tepung gandum

Untuk mengikat daging agar tetap pada bentuknya, anda memerlukan tepung. Jika biasanya yang digunakan adalah tepung terigu, maka ganti saja dengan tepung gandum. Cara membuat bakso menggunakan tepung gandum ini bertujuan untuk menambahkan serat dan nutrisi dalam bakso.

bakso rendah lemak
3. Gunakan bumbu dan rempah

Lemak daging bisa menambahkan rasa nikmat dalam bakso. Tetapi menggunakan daging tanpa lemak tidak selalu membuat rasanya jadi kurang gurih. Untuk memperkuat rasa bakso tambahkan bumbu seperti bawang putih dan rempah-rempah seperti lada, cabe bubuk, atau oregano ke dalamnya.

4. Cara memasak yang tepat

Sebaiknya jangan gunakan minyak yang terlalu banyak. Anda cukup menggunakan satu sendok makan minyak goreng, dan menggunakan wajan anti lengket untuk menggorengnya.

close