Mengencangkan dan Melembabkan Kulit dengan Mentimun

Tentunya, mentimun tidaklah asing bagi Anda. Mentimun sering kali dimanfaatkan sebagai sayuran, lalapan, atau acar. Selain itu, ternyata mentimun juga merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk merawat wajah Anda. Mentimun atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cucumis sativus termasuk suku labu-labuan. Tanamannya merupakan tanaman herba dan semusim. Buah mentimun berwarna hijau dengan warna garis-garis putih kekuningan. Warna putih pada buah ini menandakan bahwa mentimun sudah masak. Adapun bentuk buah mentimun ialah lonjong memanjang (torpedo).

Selain segar karena buahnya mengandung banyak air, mentimun juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa zat yang terkandung dalam mentimun ialah kalori, protein, karbohidrat, vitamin B, C, dan D, potasium, magnesium, kalium, zat besi, serta fosfor. Saat ini, mentimun mudah sekali diperoleh di toko buah dan sayur di sekitar Anda. Jadi, jangan ragu-ragu untuk langsung mengonsumsi ataupun memanfaatkan mentimun setelah membaca uraian ini.

Mentimun diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan potasium, magnesium, dan fosfor dalam mentimun sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Mentimun juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menyehatkan sendi, obat sariawan, antiserangga, pencernaan protein, membunuh cacing pita, diabetes, sakit gigi, perawatan ginjal, dan bersifat antikanker. Selain bermanfaat bagi kesehatan, mentimun juga memiliki segudang manfaat untuk merawat wajah dan menambah kecantikan.


manfaat mentimun
Beberapa manfaat mentimun bagi kecantikan adalah sebagai berikut:

a. Melangsingkan Tubuh
Mentimun bisa melangsingkan tubuh karena sangat rendah kalori dan kaya serat. Selain itu, mentimun juga mengandung asam malonat yang dapat mengubah gula darah menjadi lemak. Dan, dalam 100 g mentimun, hanya terkandung 12 kalori.

b. Menyegarkan, Mengencangkan, dan Melembapkan Kulit
Mentimun mampu menyegarkan, mengencangkan, dan melembapkan kulit karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tinggi. Asam askorbat yang dikandung oleh mentimun juga bermanfaat menurunkan tingkat retensi air, sehingga mengurangi pembengkakan pada mata.

Untuk mendapatkan manfaat mentimun bagi kecantikan wajah dan tubuh, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengaplikasikannya pada kulit. Nah, salah satunya dengan membuat masker mentimun. Cara yang bisa Anda coba ialah ambillah mentimun sebanyak Vi potong. Kemudian, cucilah mentimun tersebut hingga bersih, lalu cacahlah dan lumatkan. Olesilah kulit wajah, tangan, dan kaki yang telah dicuci bersih dengan mentimun yang sudah dilumatkan sebelumnya. Biarkan selama beberapa menit hingga agak mengering. Setelah itu, cucilah dengan air dingin. Cara ini dapat dilakukan setiap sore hari untuk merawat wajah Anda agar kulit lebih segar dan kencang.

close