Penyebab Warna Gigi Tidak Ideal

Gigi kuning dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Kadar kekuningan gigi pun tidak selamanya menunjukkan adanya gejala yang tidak sehat pada gigi kita. Karena masing-masing orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda-beda. Itu menunjukkan bahwa faktor internal seperti keturunan juga menyebabkan warna gigi tak selamanya putih.

Dari faktor eksternal, seperti kebiasaan makan menjadi faktor yang mengakibatkan putih atau kuningnya gigi seseorang. Kandungan kimia yang lama-lama menempel pada permukaan gigi, akan membuat gigi tidak lagi putih. Selain itu, pengobatan yang terus menerus biasanya akan meninggalkan bekas kuning pada gigi kita. Lapisan gigi juga mengandung email gigi yang membuat gigi seolah-olah berwarna kuning. Hal tersebut memang menjadikan gigi tidak seputih cemerlang. Hal lain yang membuat gigi menjadi tidak putih adalah trauma. Trauma bisa menjadi faktor yang membuat gigi menjadi berwarna lain. Semakin besar trauma yang terjadi akan membuat gigi semakin gelap. Usia yang bertambah juga akan membuat gigi kita menjadi lebih kuning dari sebelumnya.

penyebab gigi kuning


Banyak cara yang dimunculkan untuk membuat gigi menjadi putih. Dari yang paling mudah kita temui di pasaran yaitu pasta gigi yang menjamin gigi akan lebih putih dari biasanya. Sebagai media promosi mereka memberikan tajuk bahwa penampilan maksimal seseorang akan diraih ketika senyum cemerlang kita dihiasi dengan putih gigi yang merona. Adapun dari sisi kedokteran memutihkan gigi dikenal dengan istilah bleaching. Adapun jika berbagai cara telah dilakukan untuk membuat gigi kuning menjadi lebih putih belum berhasil, asalkan gigi kita dalam keadaan sehat itu tidak perlu menjadi masalah besar.

close