Perlukah Anjing Menyikat Gigi?

Tentu, tapi tentu saja dia tidak bisa menyikat giginya sendiri. Sama seperti manusia, seekor anjing juga dapat mengalami penyakit mulut seperti bau mulut, air liur berlebih, infeksi gusi, tumor gusi, sariawan dan gigi bolong. Mereka pun dapat merasakan rasa ngilu yang sama ketika masalah gigi menyerang. Tanda-tanda seperti malas makan, muntah, minum atau pipis berlebihan adalah tanda bahwa dia sedang bermasalah sebaiknya bawa ia ke dokter hewan.

gigi anjing
Sebelum semua itu terjadi, setiap minggu lakukanlah tes bau mulut. Normalnya mulutnya pasti akan berbau, tapi pasti Anda dapat menyadari apabila kadar bau mulutnya sangat tajam dan menganggu. Cek juga warna gusi dan giginya. Gusi yang sehat akan berwarna merah muda, tidak pucat atau terlalu merah. Giginya pun akan putih tanpa noda kecoklatan. Apabila terdapat noda kecoklatan, itu adalah kumpulan plak dan tartar yang menempel, dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi gusi dan gigi tanggal. Gosok gigi mereka dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusus anjing untuk mengurangi bakteri menempel pada gigi.

Tentu kita senang jika kebersihan mulutnya terjaga, tapi sebagian dari kita mungkin justru takut untuk membersihkan giginya karena takut digigit. Biasakanlah terlebih dahulu, oles pasta giginya pada bibirnya secara berkala, kemudian oleskan pada gusinya, sampai ia terlihat nyaman dan tak terganggu ketika anda menyentuh mulutnya. Ritual yang akan sangat membantu Anda daripada membawanya ke dokter hewan dan membayar pengobatan giginya.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com