Pertolongan Pertama Wisata ke Laut

Musim liburan sudah siap menjelang. Berbagai rencana sudah ada di bayangan Anda. Bagi yang memiliki jiwa pertualangan, menikmati pemandangan laut mungkin menjadi tujuan liburan yang paling utama. Namun, ada beberapa bahaya yang bisa saja mengintai, dari mulai gigitan hewan laut, tenggelam hingga sun burn. Berikut yang harus anda waspadai saat berlibur ke laut termasuk bagaimana menghadapinya.

Gigitan Hewan Laut
Gigitan hewan laut biasanya mengandung racun. Misalnya gigitan hewan ubur-ubur dan ubur-ubur apung yang berbentuk topi perang portugis. Jika anda terkena gigitan hewan seperti ini, atau hewan sejenisnya, maka akan berakibat fatal pada tubuh anda.

Bahayanya:
Bagian tubuh yang terkena gigitan akan terasa sangat panas dan akan memerah. Gejala lain yang ditimbulkan adalah adanya ruam pada kulit. Dapat ditemui juga rasa mual, bahkan muntah. Terkadang pernapasan Anda sedikit susah. Jika anda mengalami alergi dengan gigit¬an binatang seperti ini, maka anda akan shock, bahkan pingsan.

Pertolongan pertama:
1. Bagian tubuh yang terkena gigitan harus dilapisi dengan kain atau menggunakan penjepit untuk menggunakan penjepit untuk mengambil tentakel yang menempel pada bekas jahitan.

2. Bagian yang terkena gigitan dicuci dengan menggunakan alkohol atau cuka.

3. Saat anda mencucinya mungkin akan terasa sakit.

4. Jika ada tanda-tanda shock, segera perhatikan korban sebaik-baiknya.

5. Jika tidak mempan, bawa penderita ke dokter.

close