Ragam Perawatan Kuku

Didalam artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Pesona Kuku dan Faktor Perusak Kuku sekarang kita akan bahas ragam perawatan kuku. Pada dasarnya merawat kuku paling sederhana dengan menjaga kebersihan dan mengguntingnya agar bakteri terangkat, serta mengonsumsi buah-buahan, sayur- sayuran dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan kuku. Namun saat ini berbagai bentuk perawatan kuku dengan peralatan khusus banyak menjadi pilihan.

Perawatan kuku


• French Manicure & Pedicure
Perawatan ini sudah lama menjadi kegemaran wanita. Teknik ini bisa membuat kuku lebih terlihat lebih alami dengan menampilkan cat kuku warna putih pada bagian ujung. Perawatan ala Prancis ini tidak merusak karena bagian dasar kuku tidak dikikir.

• Manicure & Pedicure Reguler
Teknik ini merupakan perawatan dasar. Biasanya menggunakan perawatan bahan alami seperti minyak zaitun, garam atau batu apung. Kuku direndam menggunakan air hangat untuk melembutkan sel-sel mati sehingga mudah dihilangkan. Lalu lakukan scrub yang biasanya menggunakan campuran garam dan minyak zaitun. Setelah itu, kuku dipotong rapi lalu dikikir. Selesai perawatan, kaki dan tangan dipijat- pijat agar lebih rileks.

• Spa Kuku
Perawatan ini tergolong lama dan mahal dibandingkan meni dan pedi biasa. Karena jari tangan dan kaki diberi perawatan khusus yang bisa menenangkan menggunakan bahan khusus, sehingga perawatan ini akan lebih istimewa dan berbeda. Spa kuku juga memberikan tambahan pijat refleksi singkat ditambah perawatan untuk meremajakan kuku, kutikula dan kulit sekitarnya.

• Parafin
Ini merupakan perawatan menggunakan zat lilin yang berfungsi untuk melembutkan kulit-kulit sekitar kuku. Perawatannya mengandung zat alkalin yang membungkus tangan dan kaki sehingga bisa menyerap ke dalam kulit.

• Perawatan Bahan Alami
Perawatan ini menjadi pilihan paling alami dan tradisional. Sangat mudah dilakukan sendiri dan bisa didapatkan di pasar swalayan, seperti belimbing, wuluh, lidah buaya, getah pepaya, jeruk nipis dan bawang putih. Caranya tinggal menggosokkan langsung pada kuku. Belimbing bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela dan luar kuku, bawang putih dapat membantu menguatkan ketahanan kuku, sedangkan lidah buaya bisa menampilkan kuku menjadi lebih bening.

Adapun getah pepaya sangat bagus untuk membersihkan kulit luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas. Sementara jeruk nipis efektif mengembalikan warna kuku yang kekuningan.
Perasan jeruk nipis juga dapat dicampurkan dengan pasta gigi lalu dioleskan pada kuku, setelah kering basuh dengan air hangat.

close