Saatnya Tidak Sembarangan Cabut Gigi

Cabut gigi kerap dipertimbangkan sebagai solusi praktis untuk meng-atasi masalah gigi, seperti gigi ber-lubang. Tapi, pada sebagian orang, terutama pasien diabetes, cabut gigi memiliki risiko sehingga tak boleh sembarang cabut gigi. Sebab itu, pasien diabetes diwanti-wanti untuk menjaga kesehatan giginya.
Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit kronis yang berpotensi menyebabkan komplikasi, termasuk salah satunya gigi.

HARUS DICABUT?
Menurut dokter ahli gigi, tindakan pencabutan gigi goyang pada penyandang diabetes tidak mutlak selalu dilakukan.Terlebih, jika derajat kegoyangan gigi masih sangat kecil. Berbeda jika derajat kegoyangan gigi sudah parah, disarankan untuk segera dicabut.

Tindakan pencabutan tergantung pada derajat kegoyangan gigi. Apabila kegoyangan gigi sedikit, lebih baik gigi dipertahankan. Dengan ketentuan, diabetes terkontrol dan pasien harus melakukan perbaikan oral hygiene. Pencabutan gigi pada penyandang diabetes memerlukan perhatian yang lebih serius. Tapi, pencabutan gigi pada penyandang diabetes tidak akan mengalami kendala, sepanjang pasien dalam kondisi sehat secara umum. Pada pasien diabetes, pencabutan gigi akan di-awali dengan pemberian profilaksis antibiotic sebelum pencabutan dan petunjuk umum untuk kontrol diet.

cabut gigi
 Pencabutan gigi sebaiknya tidak dilakukan saat gula darah pasien tinggi. Pencabutan gigi juga harus ditunda jika gigi dalam kondisi infeksi.dan radang akut. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi pasca pencabutan gigi. Pencabutan gigi pada fase akut akan menyebabkan efek anestesi tidak adekuat, sehingga akan menim-bulkan rasa sakit saat gigi dicabut. Selain itu, pencabutan gigi pada saat infeksi juga memungkinkan pe-nyebaran infeksi melalui peredaran darah meluas dan penyembuhan memerlukan waktu yang lebih lama.

Perhatikan Ini!
Perkara cabut gigi pada pasien Diabetes perlu perhatian yang serius. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pencabutan gigi.

- Lakukan sarapan sebelum melakukan pencabutan gigi. Ini ditujukan untuk mence-gah terjadinya hipoglikemi saat perawatan. Apalagi, setelah pencabutan gigi, pasien biasanya akan kesu-litan mengunyah.

- Minumlah antibiotik profilaksis untuk mencegah kemungkinan terjadi infeksi setelah pencabutan gigi.

- Ikuti instruksi dokter setelah pencabutan gigi.

close