Tidur Berkualitas Mampu Turunkan Berat Badan

Bagi sebagian orang tidur haruslah penuh 8 jam, namun bagi sebagian lagi tidak harus selama itu asal berkualitas. Ternyata tidur berkualitas tak hanya mampu menyehatkan, namun bisa juga menjaga berat badan ideal. Istirahat yang cukup, selalu kita dengar didengung-dengungkan agar tubuh tetap sehat. Tak semua orang bisa menikmati tidur yang nyenyak, karena dengan beragam alasan membuat seseorang jadi sulit tidur.

Bahkan ada juga yang meskipun kelihatan tidur namun ternyata masih bisa mendengar suara-suara yang mengganggu kenyamanan tidurnya. Ada juga yang bahkan harus menenggak obat tidur terlebih dahulu baru bisa tidur dengan nyenyak.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, ternyata tidur yang berkualitas bisa membuat berat badan turun sehingga mendapatkan tubuh ideal.

Jadi pernyataan yang disebutkan sebagian orang kalau banyak tidur akan menyebabkan kegemukan adalah mitos. Dalam bukunya Khasiat Tidur untuk Menurunkan Berat Badan, Cherio Calbom, MS dan John Calbom, MA mengatakan bahwa dewasa ini banyak orang merasakan bahwa mereka bukan saja kurang tidur, tetapi tidur yang dialami juga tidak nyenyak dan tidak menyegarkan. Tidur yang tidak menyegarkan (Nonrestorative sleep—NRS) tampaknya merupakan dampak dari masyarakat industri modern.

tidur berkualitas
Sebagai akibat dari NRS, semakin banyak orang yang terbangun dengan rasa lelah dan akibatnya mereka menjadi mudah marah, kurang konsentrasi, kurang produktif sepanjang hari dan lebih merasa lapar, bahkan bila mereka telah tidur selama 8 jam. Padahal tidur tujuannya untuk menyembuhkan dan memulihkan tubuh secara fisik, mental dan emosional. Tidur merupakan aktivitas yang memungkinkah tubuh melakukan proses pemulihan setelah beraktivitas seharian.

Namun bagi sebagian orang yang belakangan jumlahnya semakin meningkat tidaklah demikian.
Setelah semalaman mereka tidak dapat menikmati tidurnya, sering terbangun dan terkadang dibarengi mimpi-mimpi yang menggelisahkan akibatnya mereka jadi merasa kelelahan. Akibatnya keesokan harinya saat melakukan aktivtasnya, stres mulai menyerang mereka dan hormon perangsang nafsu makan mulai terpompa ke dalam tubuh, sehingga mengonsumsi makanan secara berlebih. Dan yang merugikan lagi, NRS tidak hanya menyebabkan bertambahnya berat badan, namun juga berbagai penyakit mampir ke tubuh, seperti nyeri kronis, nyeri otot, sakit jantung hingga kanker.

TIPS AGAR TIDUR NYENYAK

Buat jadwal kapan Anda harus tidur. Dengan waktu yang telah Anda tentukan maka Anda akan terbiasa dan tubuh pun akan menampilkan alarm mengantuk ketika jamnya tiba. Lakukan pola makan yang sehat. Jangan makan di saat hendak tidur, karena akan membuat tubuh harus bekerja lagi mencerna makanan yang Anda konsumsi. Dan jangan pula menenggak kopi di malam hari. Perbanyak gerak tubuh, yaitu dengan rutin berolahraga.

Hindari rokok dan minuman beralkohol, karena rokok juga disinyalir memengaruhi kualitas tidur.
Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin, sehingga begitu berada di atas tempat tidur.
Anda akan merasa nyaman dan langsung terlelap. Usahakan tempat tidur nyaman menopang tubuh saat Anda merebahkan diri. Tinggalkan segala masalah atau suatu hal yang membuat Anda harus berpikir keras saat waktu tidur tiba.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com