Tips Mengatasi Rambut Berketombe

Untuk rambut berketombe, jangan gunakan kuku saat keramas.Tidak pandang bulu, ketombe bisa dialami oleh siapa saja. Terlebih pada mereka yang kurang memperhatikan kebersihan rambutnya. "Untuk perawatan rambut berketombe, pilih produk yang mengandung zinc. Berguna untuk menekan pertumbuhan kulit-kulit mati, dan bisa mengurangi kulit kepala yang berminyak. Dan jangan keramas menggunakan kuku karena memacu produksi kulit kering di kepala. Menggaruk dengan kuku juga bisa memacu ketombe di kepala," lanjut Dimas.

Penyebab Lain Timbulnya Ketombe

• PENYAKIT KULIT
Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan kulit bersisik dan tidak rata. Terkadang gejala ini muncul juga di kulit kepala sehingga menyebabkan kulit menjadi terkelupas dan menjadi serpihan atau ketombe. Demikian pula eksim dan penyakit kulit lainnya dapat pula menyebabkan munculnya ketombe.

• ALERGI
Kulit kepala bisa mengalami reaksi yang buruk terhadap suatu produk perawatan rambut, sehingga akan menyebabkan kulit kepala menjadi pecah-pecah dan muncul ruam yang menimbulkan rasa gatal. Ketombe bisa juga terjadi jika Anda tidak membilas atau mencuci dengan bersih setelah menggunakan perwarna rambut, sampo, atau kondisioner. Tentu saja kondisi ini akan lebih rentan terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

• JAMUR
Setiap orang memiliki jamur yang di kulit kepala yang dikenal dengan nama Malassezia. Jamur ini berfungsi mencerna minyak di kulit kepala. Jika jumlah jamur di kulit kepala normal, maka kita akan baik-baik saja. Munculnya sel-sel kulit mati yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dan terbentuknya ketombe.

• STRES
Meskipun stres itu sendiri biasanya tidak menyebabkan ketombe, namun bisa menjadi salah satu faktor risiko. Tingkat stres yang tinggi dapat membahayakan fungsi normal seluruh tubuh, termasuk kulit kepala Anda.

MENYIASATI RAMBUT BERKETOMBE

rambut ketombe

Kurangi penggunaan hairspray dan gel apalagi saat musim panas. Karena keduanya dapat menempel pada kulit kepala, mengendap, dan menyebabkan ketombe. Hindari mengikat rambut yang basah untuk menghindari ketombe. Pilih gaya rambut yang mudah diatur. Air kolam yang mengandung klorin dapat menyebabkan rambut rusak dan kasar dan tidak sehat. Gunakan penutup rambut jika ingin berenang di kolam renang yang mengandung zat kimia.

Pilih nutrisi tepat untuk rambut. Anda dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan, kacang-kacangan, bayam dan yoghurt, dan lain-lain. Nutrisi yang tepat, berkhasiat untuk menjaga rambut dari dalam diri.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com