Tips Merawat Rambut Indah dan Sehat

Sering kita dengar perumpamaan bahwa rambut adalah mahkota. Ini menandakan begitu pentingnya peran rambut, bagi wanita maupun pria. Apalagi kondisi rambut tidak dapat disembunyikan. Semuanya gamblang terbaca, tanpa harus menyentuhnya. Sehat atau tidaknya sangat mudah dilihat.Menyadari fakta bahwa rambut mampu menambah pesona seseorang, maka wajarlah jika perawatan rambut wajib dilakukan.

Tak cukup dengan rajin keramas secara rutin, tapi seiring pertambahan usia diperlukan perawatan tambahan agar rambut tetap dalam keadaan sehat, kuat, tidak rontok, tidak berketombe, dan berkilau. Lebih-lebih lagi kita tahu pasti bahwa banyak 'musuh' rambut yang akrab dengan keseharian kita dan berasal dari lingkungan, antara lain radikal bebas, polusi udara, debu, sinar matahari, dan asap rokok

rambut indah sehat

BERIKUT TIPS UNTUK MERAWAT RAMBUT:
• MENGONSUMSI NUTRISI YANG TEPAT DAN SEIMBANG Vitamin yang dibutuhkan rambut adalah vitamin B komplek, H (biotin). A, dan E. Sayuran yang berguna antara lain wortel, labu, paprika kuning, tomat, kecambah Brussels, selada, bayam, brokoli, kacang hijau, mentimun, asparagus, dan seledri. Buah yang berguna antara lain jeruk, kiwi, nanas, semangka, melon, mangga, dan ceri.

• MENGONSUMSI CUKUP AIR Fungsi air adalah menghidrasi seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

• STRESS MANAGEMENT Cukup sulit menghindarkan diri dari stres. Jika tak mungkin menghindari, kelolalah stres dengan baik. Pasalnya stres dapat meningkatkan produksi minyak secara berlebihan,
sehingga menyebabkan rambut rontok.

• PERAWATAN EKSTRA Memberikan serum rambut, masker rambut, dan cream yang mengandung anti-aging dapat membantu rambut menjadi sehat.

BEBERAPA TINDAKAN YANG BERPENGARUH PADA RAMBUT:
• KERAMAS TIAP HARI Sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuat rambut menjadi kering dan rapuh

• MEMAKAI SAMPO DAN KONDISIONER YANG TIDAK TEPAT Memakai sampo dan conditioner yang salah dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala menjadi tidak nyaman, atau malah berketombe dan gatal, hingga rontok.

• MENGGOSOK RAMBUT SAAT MASIH BASAH
Dalam keadaan basah, kondisi rambut sedang dalam keadaan fragile. Jadi, keringkan rambut yang basah memakai handuk kering dengan cara menekan secara lembut

• TERLALU SERING MEMAKAI HAIR DRYER, TERUTAMA DENGAN TEMPERATUR YANG TINGGI
Jika memungkinkan gunakan hair dryer saat rambut hampir kering. Panas yang terlalu tinggi dapat merusak kutikel rambut, demikian pula hot roller dan curling iron.

• MEMAKAI SISIR BERGIGI RAPAT Gigi sisir yang terlalu rapat dapat menyebabkan rambut rusak.

• MENGIKAT RAMBUT TERLALU KENCANG Selain memberikan rasa sakit, tindakan ini dapat menyebabkan akar rambut menjadi stres dan rambut menjadi rusak

• TIDAK MELINDUNGI DARI KAPORIT Gunakan pelindung (penutup) kepala yang dibuat dari bahan anti-basah, sehingga rambut terhindar dari kaporit yang ada di dalam air kolam renang. Kaporit membuat rambut menjadi kusam dan kering. Kandungan kaporit bersifat mengikis kelembapan alami kulit kepala. Sehingga, kulit kepala akan lebih cepat kering dan rambut terlihat lebih kusam tak bercahaya.

• PENGGUNAAN PRODUK STYLING. MISALNYA GEL DAN HAIR SPRAY Berbagai produk yang dibuat dari bahan kimia ini dapat memudarkan kilau rambut.

• LINDUNGI RAMBUT DARI SINAR MATAHARI YANG TERIK Paparan sinar matahari yang terik dalam waktu lama dapat membuat rambut menjadi kehilangan kelembapannya alias kering. Lindungi ramput memakai topi atau payung

• MEWARNAI RAMBUT Proses ini jelas memakai bahan kimia. Terlalu sering mewarnai rambut selain dapat merusak rambut, tapi juga menyebabkan antara lain alergi, iritasi pada mata dan kulit kepala, gangguan hormon, penyakit limfoma, dan multiple myeloma.

• STYLING
Blow dry, ca ok, dan menyasak memang dapat membuat penampilan rambut menjadi lebih stylish, tapi sayangnya cara yang dilakukan membuat rambut 'tersiksa', sehingga membuat rambut menjadi kusut, kering, rontok, dan mudah patah. MEROKOK Gaya hidup tak sehat ini jelas- jelas dapat mengganggu kesehatan Anda, termasuk pada rambut.

close