Membuat Pemutih Kulit dari Bahan Alami untuk Kulit Wajah

Berbagai cara dilakukan oleh kebanyakan wanita agar kulit tampak lebih putih. Bahkan, mereka rela membayar mahal untuk mendapatkan beragam produk pemutih kulit, tanpa memperhatikan efek samping dari produk tersebut.

Padahal, untuk mendapatkan kulit yang putih, mereka tidak hanya menggunakan kosmetik yang mengandung zat pemutih kulit, namun bisa juga dengan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar. Tentunya, hasilnya lebih alami dan tanpa efek samping karena tidak mengandung zat-zat kimia yang dapat membahayakan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami bisa dengan memanfaatkan buah-buahan di sekeliling Anda, seperti tomat, bengkuang, kentang, avokad, jeruk nipis, dan telur.
Selain buah-buahan tersebut, ada beberapa buah lain yang juga dapat dijadikan sebagai pemutih kulit. Di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Pepaya
Banyak produk pemutih mengandung papain (yang terkandung dalam pepaya). Papain mengelupaskan kulit mati secara alami untuk mendapatkan kulit bersinar dan halus, serta membantu mengurangi bintik dan tanda gelap, sekaligus mengandung vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan.

bahan pemutih alami
2. Ubi
Ubi mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas. Sedangkan, fenolik zat ubi cukup efektif dalam menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon matahari dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

3. Susu
Susu mengandung bahan yang melawan flek dan mencerahkan kulit. Susu bisa menghapus sel-sel kulit mati yang menutupi wajah dan membuat wajah lebih bersih. Meminum susu setiap hari juga membantu memutihkan wajah. Jadi, susu termasuk salah satu pemutih kulit yang alami.

4. Lemon
Lemon sarat vitamin C dan asam jeruk. Jus lemon merupakan salah satu bahan yang ampuh memutihkan kulit. Mengoleskan jus lemon di wajah secara teratur dapat menghilangkan tanda gelap penuaan.

5. Beras
Air beras ternyata bisa digunakan untuk memutihkan kulit sekaligus mengencangkan kulit.

6. Madu
Madu termasuk pemutih kulit alami yang juga menyembuhkan gangguan kulit, seperti komedo, jerawat, dan lain-lain. Madu juga berfungsi sebagai pembersih. Madu bisa masuk ke dalam pori-pori dan membersihkannya secara menyeluruh. Oleh karena itu, gunakan madu setiap hari dan jangan lupa membersihkannya kembali dengan baik agar sisanya di kulit tidak menyebabkan penyumbatan dan infeksi.

Pemutih kulit dari bahan alami tersebut aman digunakan sekaligus bebas dari bahan kimia, mudah diperoleh, serta murah. Buah memang merupakan bahan alami terbaik guna memutihkan dan mencerahkan kulit, yang digunakan secara rutin. Ada baiknya bila Anda mencoba salah satu dari bahan alami pemutih kulit itu agar kulit wajah menjadi putih, bersih, bersinar, dan sehat.

close