Menghilangkan Komedo di Wajah

Cara menghilangkan komedo di wajah dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan cara alami maupun bantuan dokter. Semua orang, terutama wanita, pasti ingin memiliki wajah yang bersih dan bebas dari komedo. Komedo termasuk salah satu masalah kulit terburuk yang dapat mempengaruhi kulit, karena komedo menjadi penyebab jerawat muncul di wajah.

Sayangnya, Anda kadang memilih untuk memencet komedo tersebut dengan tujuan menghilangkannya. Namun, cara ini sangat tidak dianjurkan karena justru mempercepat timbulnya jerawat dan mengakibatkan iritasi pada wajah.

Sebenarnya, ada dua jenis komedo yang harus diketahui. Pertama, komedo terbuka (blackhead) yang terlihat seperti pori- pori yang membesar dan berwarna hitam. Kedua, komedo tertutup (whitehead) yang memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti tonjolan berwarna putih dan kecil-kecil yang berada di bawah kulit.

Komedo akan timbul apabila ada banyak sel kulit mati dan kelenjar minyak pada kulit yang tidak dibersihkan. Hal ini akan terjadi apabila Anda kurang rajin membersihkan wajah dan tidak mengetahui cara membersihkan komedo secara tepat. Make-up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat menyebabkan berkembangnya komedo menjadi jerawat.
Berikut beberapa tips agar wajah terbebas dari komedo yang meresahkan:

1. Kenalilah jenis kulit Anda. Biasanya, komedo lebih mudah muncul pada kulit yang memiliki kandungan minyak berlebihan.

2. Pakailah pembersih yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Lakukan secara teratur agar wajah tampak sehat, bersih, dan terbebas dari jerawat.

3. Pilihlah pelembap yang tepat. Misalnya, bagi Anda yang termasuk golongan kulit berminyak, gunakanlah pelembap yang oil free.

4. Hindarilah produk-produk yang menambah intensitas minyak di wajah. Misalnya, susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan kondisioner.

5. Hiduplah dengan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak.

6. Lakukanlah facial secara rutin setelah masa menstruasi. Hal ini bertujuan menghindari terjadinya perubahan hormon yang memproduksi minyak saat menstruasi lebih aktif. Facial efektif dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.

close