Makanan Sehat untuk Jaga Lemak Tubuh

Bagi banyak orang, memanjakan diri sendiri secara berlebihan di masa lalu telah mengakibatkan peningkatan berat. Kita tahu bahwa kita harus makan dengan cara yang berbeda di masa depan untuk menjaga berat baru kita. Program Stabilisasi akan membantu Anda melakukan hal tersebut dengan memperkenalkan banyak sekali ragam makanan sehat dan Makanan Pembakar Lemak dalam resep-resep yang dapat terus Anda gunakan untuk menjaga berat tubuh yang Anda inginkan.

Tentukan target Anda

Menentukan target yang spesifik saat merencanakan penurunan berat akan membuat kemungkinan berhasil menjadi jauh lebih besar. Tujuan-tujuan yang kabur, seperti "Saya ingin lebih sehat" atau "Rasanya saya ingin menurunkan berat beberapa kilo", cenderung membentuk usaha yang kurang sungguh-sungguh dan hasil yang tidak bagus. Tuliskan tujuan itu dan letakkan di tempat yang akan Anda lihat dan baca beberapa kali setiap harinya. "Saya akan menurunkan berat sebanyak 6,25 kg" atau "Saya akan menurunkan ukuran pakaian saya menjadi M" akan memicu pemikiran positif yang amat penting bagi perkembangan pribadi.

Dorongan dan pernyataan positif tentang diri sendiri atau keinginan Anda, adalah alat bantu sederhana yang akan menambah keyakinan dalam usaha pencapaian target Anda. Dorongan ini akan tertanam dalam pikiran bawah sadar Anda melalui pengulangan secara teratur, misalnya dengan diucapkan, dibaca, atau, yang paling baik, ditulis berulang-ulang. Anda bahkan dapat merekam pernyataan-pernyataan dorongan tersebut dalam kaset dan mendengarkannya pada saat paling mudah menerima pengaruhnya, misalnya saat mengantuk, baru bangun tidur, atau hendak tidur. Lakukan apa pun yang terbaik bagi diri Anda.

Jika Anda bersungguh-sungguh dalam menyemangati diri dan ingin mewujudkan target Anda. maka hal itu pasti akan terjadi. Anda memerlukan disiplin dalam usaha Anda, namun keuntungan yang diperoleh biasanya jauh melebihi waktu dan usaha yang Anda habiskan untuk itu. Jika Anda ingin mengulangi pernyataan dorongan secara verbal, lakukanlah di depan cermin sambil tersenyum, dan bicaralah dengan sungguh-sungguh. Berikut ini beberapa ide awal bagi Anda.

• "Saya mencintai kehidupan!"
• "Saya mencintai diri saya sendiri!"
• "Saya hebat dan percaya diri!"
• "Saya semakin sehat dan bugar!"
• "Tubuh saya sedang membakar lemak!"
• "Saya bertambah langsing setiap hari!'

Mengawasi penghilangan lemak

Anda dapat mengawasi penghilangan lemak, bukan penurunan berat, dengan menggunakan calliper kulit dari plastik untuk mengukur ketebalan lemak di berbagai bagian tubuh Anda. Anda juga dapat menghitung Indeks Massa Tubuh Anda (Body Mass Index, BMI - lihat kotak di bawah). Harga calliper murah dan tersedia di apotek-apotek yang bagus. Calliper biasanya dileng- kapi dengan daftar yang mengindika- sikan ketebalan lemak yang sehat dan yang tidak sehat. Akan tetapi, calliper cenderung terasa sakit di kulit. Anda pun membutuhkan pertolongan jika hendak menggunakannya untuk mengukur bagian tubuh yang sulit diraih, misalnya punggung atas.

Barangkali, cara termudah bagi Anda untuk mengecek kandungan lemak adalah dengan menggunakan mesin pengawas lemak tubuh yang bisa disesuaikan. Karena kandungan lemak tubuh setiap orang berbeda-beda, maka untuk memperoleh pengukuran yang akurat, Anda harus memasukkan data detail mengenai tinggi, usia, jenis kelamin, dan apakah Anda seorang atlet atau jarang berolahraga.

indeks massa tubuh (BMI)
Obesitas didefinisikan sebagai kele- bihan berat sebesar 20 persen atau lebih dari kisaran berat ideal. Obesitas terutama mengacu pada lemak tubuh yang berlebih. Secara teknis, Anda bisa saja "kelebihan berat" meskipun tak memiliki timbunan lemak di pinggul atau di paha. Karena otot lebih berat daripada lemak, binaragawan dan atlet sering kali jauh lebih berat daripada orang-orang lain yang sama jenis kelamin, tinggi, dan bentuk tubuhnya.


Tapi takkan ada seorangpun akan menyebut para olahragawan sebagai penderita obesitas. Sebaliknya, ada pula orang-orang kurus yang memiliki lapisan lemak berlebih.

Indeks Massa Tubuh (BMI) merupakan indikator yang lebih akurat bagi lemak tubuh yang berlebih daripada pengukuran berat dalam kilo, walaupun atlet-atlet berotot besar dan orang-orang lain yang tubuhnya secara turunan memang berat akan tetap merupakan perkecualian bagi aturan tersebut. Anda dapat menghitung BMI sebagai berikut:

BMI = berat (dalam kilo)
: tinggi (dalam meter kuadrat)

Contohnya, perhitungan bagi seseorang yang beratnya 80 kg dan tinggmya 1,60 m adalah:
BMI = 80 : (1,60 x 1,60) = 31,2

Kategori berat tubuh menurut BMI:

KATEGORI BMI
Kurus kurang dari 19
Normal 20-25
Kelebihan berat 26-30
Obesitas lebih dari 30

close