Kenali Perkembangan Kecerdasan Anak Anda

Memandu dan menikmati perkembangan anak sehat memang melelahkan, tapi ada kepuasan tersendiri pula ketika melihat kemampuan motorik dan psikis mereka meningkat. Dalam masa keemasan inilah prospek motorik dan psikis anak di masa depan dapat ditentukan. Istilah lainnya yang lebih akrab di telinga kita adalah “curi start”. Di Cina dan Jepang, anak-anak sudah diajarkan bermain piano sejak umur dua tahun untuk menstimulasi kinerja otak mereka. Hasilnya seperti yang kita lihat saat ini, di mana bangsa tersebut unggul dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

perkembangan anak
Sebagian orang tua mungkin merasa melatih anak bermain piano sejak usia dua tahun keterlaluan. Mereka merasa lebih baik melatih anak sesuai dengan usianya. Tapi tahukan anda bahwa perkembangan motorik dan psikis anak bisa berbeda? Tidak ada acuan mutlak untuk menentukan apakah kecerdasan anak anda sesuai dengan usianya atau tidak, melainkan melihatnya dari standard tendensi saja. Di sinilah anda perlu peka terhadap pekembangan kecerdasan anak anda. Catat setiap hasil latihan motorik dan psikis mereka dan bandingkan dengan standard umum kemampuan yang dapat mereka kuasai pada umur tertentu.

Melalui latihan tersebut, anda dapat mengetahui apakah perkembangan kecerdasa anak anda lambat atau cepat. Jika cepat, maka anda tidak perlu ragu-ragu untuk terus memacu kecerdasannya dengan latihan motorik dan psikis lebih lanjut, seperti halnya bermain piano atau matematika. Jika dirasa lambat, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui langkah-langkah berikutnya.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com