Bahaya Es Teh Pada Ginjal

Semua orang tentu menyukai minuman sejenis es teh yang menyegarkan ini. Sehingga banyak sekali pedagang-pedagang yang membuat es teh manis yang segar di jalanan karena tingginya permintan pembeli. Rasa es teh yang manis dan menyegarkan serta harganya yang murah, membuatnya menjadi minuman favorit di segala suasana. Hampir semua tempat makan dari mulai yang kecil-kecilan sampai ke yang besar menyediakan es teh ini sebagai salah satu menu pilihan dalam minuman.

Namun tahukah anda, di balik rasa yang nikmat dan menyegarkannya itu es teh menyimpan juga potensi yang dapat merugikan kesehatan. Penelitian ini dilakukan Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa konsumsi es teh yang berlebih dapat meningkatkan resiko menderita batu ginjal. Es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, yang merupakan salah satu bahan kimia yang dapat memicu pembentukan batu ginjal. Jika penyajiannya panas efeknya pun tetap masih ada tetapi lebih kecil potensinya.

es teh


Batu ginjal adalah sejenis kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, pada ginjal atau pada saluran kemih. Mineral tak terpakai itu biasanya bisa keluar dari tubuh melalui urin. Tetapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan bahkan membatu di dalam saluran kemih. Jadi sebaiknya konsumsi es teh manis ini secara moderat demi kesehatan ginjal.

Sertakan juga makanan yang kaya akan kalsium yang dapat mereduksi oksalat  sehingga minuman teh ini dapat dirasakan manfaat sepenuhnya dalam kandungannya. Sedangkan yang membahayakannya dapat terbuang melalui urin sehingga tidak mengendap. Ada baiknya minum teh 2 kali dalam sehari dan perbanyak air putih sebanyak minimal 2 liter dalam satu hari. Agar kandungan yang berbahaya dalam tubuh dapat tersingkirkan.

1 komentar:

6 Maret 2015 09.43 delete

Efek samping es teh berbahaya juga ya. Tapi memang godaan banget melihat es teh apalagi kalau cuaca panas. Saya perhatikan banyak yang suka minum es teh setelah makan, di warung makan rata-rata begitu. Es yang bersih aja berbahaya ya apalagi es yang tidak bersih. Makasi informasinyaa..

Reply
avatar

close