Penyebab Sakit Kepala Paling Sering Diabaikan Orang

Sakit kepala hampir semua orang pernah mengalaminya, penyebab sakit kepala sangat banyak karena berbagai penyakit juga bisa menyebabkan efek sakit kepala dan pusing. Perlu diketahui bahwa pusing beda dengan sakit kepala, pusing sifatnya berputar (seperti vertigo) dan sakit kepala sifatnya nyeri atau senut-senut. Beberapa penyebab pusing diantaranya migrain, stress, tekanan darah turun dengan mendadak misalnya dari duduk lalu berdiri secara mendadak,  kadar gula dalam darah rendah, penurunan aliran darah ke otak dan infeksi di telinga. Penyebab sakit kepala adalah alkohol, cafein, dehidrasi, pola makan dan obat-obatan seperti obat hormon atau vitamin E.

Untuk migrain sendiri biasanya disebabkan oleh tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi, pemicunya untuk tekanan darah tinggi seperti makan makanan kolesterol, gula, makanan kaleng, garam. Sementara penyebab tekanan darah rendah biasanya kecapean, makanan rendah gula, kurang tidur dan perubahan suhu ruangan secara mendadak. Untuk itulah hindarilah melakukan perpindahan suhu tempat anda secara mendadak, misalnya anda dari dalam ruangan AC lalu tiba-tiba anda keluar dengan cuaca terik.

sakit kepala

Selain penyebab pusing diatas, ada salah satu penyebab sakit kepala, pusing atau migrain yang jarang sekali diperhatikan oleh masyarakat pada umumnya, apa itu ?. Penyebab sakit kepala dan migrain yang kurang diperhatikan orang itu adalah "kebiasaan meniup makanan dan minuman panas". Bagi seorang muslim, nabi Muhammad SAW sudah melarang pengikutnya untuk bernafas / meniup makanan dan minuman panas.

hadist rosul
Saat anda meniupkan udara dari mulut, akan keluar zat CO2 sedangkan minuman atau makanan panas mengeluarkan uap air atau H2O. Jika CO2 bercampur dengan H2O maka mnghasilkan zat H2CO3. Di dalam darah kita terdapat zat H2CO3 yg bermanfaat untuk mengatur keasaman darah (pH). Jika anda meniup minuman panas tadi tentu ada tambahan asupan H2CO3 didalam minuman tersebut yang otomatis masuk ke tubuh kita dan membuat perubahan mendadak kadar H2CO3 darah anda.

Jika kadar keasaman darah tidak seimbang tentu akan membuat aliran darah kurang baik terlebih aliran darah ke otak dan efeknya mengakibatkan sakit kepala dan pusing. Jika hal ini sering terjadi pada anda, efeknya bukan hanya sakit kepala / pusing saja, bahkan ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan air kemih yang banyak mengadung zat asam.

Mungkin selama ini anda sering sakit kepala / pusing dan bingung penyebabnya padahal gaya hidup, pola makan anda sudah baik, cek kesehatan juga oke, padahal kebiasaan meniup makanan / minuman panas lah penyebabnya.

close