Obat Alami Radang Tenggorokan Anak yang Efektif

Apakah anak sedang mengeluh leher terasa sakit? Jika iya, maka ada baiknya orang tua segera memberikan obat alami radang tenggorokan anak, sebab kemungkinan besar, penyakit ini yang sedang dialami si kecil. Radang tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sering menjadi langganan anak-anak. Karena hal ini cukup sering terjadi, maka orang tua patut mewaspadainya.

Radang tenggorokan pada anak-anak bisa disebabkan banyak hal. Yang paling sering terjadi adalah disebabkan karena infeksi dari virus. Meski tidak ada obat untuk virus ini, sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena sistem imunitas tubuh akan bekerja untuk memberantas virus ini. Namun jika radang tenggorokan berasal dari bakteri, maka orang tua perlu memeriksakan anaknya ke dokter untuk menerima resep obat. Jika penyebab adalah alergi, ada baiknya jika makanan atau minuman yang menjadi sumber dihindari dulu untuk sementara.

Berikut adalah beberapa obat tradisional yang bisa digunakan jika si kecil terkena radang tenggorokan:

1. Madu dan lemon
Panaskan secangkir air, kemudian tambahkan lemon sebanyak 1 sendok makan, dan madu, juga sebanyak 1 sendok makan. Berikan ini kepada anak untuk diminum. Selain sudah dikenal sebagai obat anti radang tenggorokan yang ampuh, madu mempunyai antibiotik alami yang bisa mengurangi sakit tenggorokan. Jangan berikan madu jika anak masih di bawah 2 tahun.

Obat Alami Radang Tenggorokan

2. Makan sup
Sup yang hangat, seperti sup ayam, akan sangat membantu dalam melawan radang tenggorokan karena bisa melawan rasa sakitnya, dan akan menambah nutrisi yang berguna bagi tubuh anak. Selain itu, sup juga mudah ditelan dan tidak menyakiti tenggorokan.

3. Menghirup uap panas
Rebuslah air panas, lalu posisikan muka di dekat air tersebut, dan hirup uap panas yang keluar darinya. Hirup menggunakan hidung dan juga mulut.

Itulah beberapa obat alami radang tenggorokan anak yang bisa para orang tua berikan kepada sang buah hati saat sedang sakit. Berikan pengertian pada anak agar saat sedang sakit ini, mereka sebaiknya tidak berteriak-teriak karena akan menyebabkan leher menjadi bertambah sakit. Selain itu, pastikan agar anak mendapatkan istirahat yang cukup agar tidak cepat lelah.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com