Obat Alami Wasir atau Ambeien dan Gaya Hidup Sehat yang Benar

Mengalami penyakit ini memang sangat mengganggu. Meski tidak mudah diobati, namun obat alami wasir atau ambeien sebenarnya cukup ampuh untuk mengatasi penyakit ini, asalkan dilakukan secara rutin. Yang harus diperhatikan adalah bahwa wasir harus ditangani sesegera mungkin jika ingin cepat sembuh, karena jika dibiarkan terus, maka penyakit ini bisa mengakibatkan infeksi yang cukup parah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mengobati wasir atau ambeien. Beberapa di antaranya adalah:

1. Bersih
Bersihkanlah area rektum secara menyeluruh setiap selesai buang air, tanpa disabun untuk mencegah iritasi. Gunakan tisu lembut untuk mengeringkan.

2. Air hangat
Duduklah di dalam air yang hangat selama 10 hingga 15 menit beberapa kali dalam sehari (3-4 kali).

3. Kompres dengan es
Kompres area yang sakit di daerah dubur menggunakan es selama 10 menit, sebanyak (3-4 kali sehari) untuk mengurangi pembengkakan.

4. Jangan sembelit
Hindari makanan yang bisa membuat sembelit, perbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah agar BAB lancar dan minum air putih. Hindari teh dan kopi.

Obat Alami Wasir atau Ambeien

Beberapa ramuan tradisional berikut dapat membantu untuk mengatasi wasir atau ambeien:

1. Pisang batu dan jambu biji
Cuci pupus dari jambu biji sampai bersih, lumat sampai halus bersama pisang batu, lalu peras untuk diambil airnya. Minum air perasan setiap hari sampai sembuh.

2. Rimpang temu hitam
Rimpang temu hitam yang sudah dicuci bersih, dikupas dan diparut, lalu seduh menggunakan air panas. Dinginkan, saring, tambahkan kuning telur dan madu, lalu minum setiap bangun pagi.

3. Daun pare
Daun pare yang sudah dicuci bersih, direbus, didinginkan, peras, dan disaring. Ambil air perasan sebanyak 3 sendok makan dan tambahkan dengan yogurt cair, lalu diminum setiap pagi.

Itulah beberapa obat alami wasir atau ambeien yang bisa dikonsumsi dan cara-cara untuk meringankan rasa sakit yang biasanya muncul. Jangan lupa untuk selalu hidup secara sehat dengan memperbanyak aktivitas fisik dan jaga kebersihan agar wasir tidak kambuh lagi. Selain itu, selalu hindari untuk menahan keinginan buang air agar tidak terjadi masalah pada fungsi tubuh.

Ampuhnya Obat Alami untuk Wasir yang Mengganggu

Obat alami untuk wasir atau ambeien sangatlah berguna bagi yang menderita penyakit ini. Tidaklah mudah untuk menyembuhkannya, dan penyebab dari wasir bisa karena banyak hal. Sebagian disebabkan karena keturunan, sebagian karena kebiasaan atau sikap fisik yang kurang baik seperti terlalu banyak duduk atau berlebihan saat berdiri. Kurangnya berolahraga juga bisa menyebabkan wasir.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di bawah ini, berarti kemungkinan besar Anda mempunyai penyakit wasir:

- Bagian anus terasa tidak nyaman dan gatal.
- Keluar lendir dari bagian anus.
- Darah keluar dari anus bersama dengan tinja.
- Anemia sekunder.
- Ada tonjolan yang keluar dari area rektum saat sedang buang air besar.

Kalau memang ternyata mengalami wasir, maka obat tradisional di bawah ini bisa membantu mengatasinya:

1. Akar jeruk nipis dan daun ungu
Ambil 15-20 gram akar jeruk nipis, dan 15-20 gram daun ungu. Cuci bersih keduanya lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai tersisa 1 gelas saja. Minum setiap hari sebanyak setengah gelas.

2. Bayam duri
Daun dan batang dari bayam duri dapat mengatasi wasir. Caranya, cuci bersih daun dan batang tersebut, lalu rebus keduanya hingga mendidih dan angkat bayamnya. Uap dari rebusan bisa digunakan untuk menguapi bagian wasir, dan air rebusan bisa untuk merendam wasir.

3. Kangkung
Ambil daun kangkung secukupnya sesuai keperluan, lalu cuci bersih. Bubuhi garam di atas kangkung dan giling hingga halus. Oleskan kangkung yang sudah dilumat tersebut di wasir.

4. Daun sosor bebek
Daun sosor bebek sebanyak 25 gram dicuci sampai bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus sampai air tinggal separuhnya, dinginkan, dan saring. Minum air rebusan setiap hari sampai sembuh.

Itulah beberapa obat alami untuk wasir yang bisa Anda buat sendiri di rumah jika terkena penyakit ini. Wasir atau ambeien memang sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Karena itu, jangan sering menahan diri jika sedang ingin buang air besar, atau duduk dalam waktu yang terlalu lama. Makan makanan sehat dan selalu menjaga cairan tubuh juga merupakan cara yang baik untuk mencegah wasir.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com