Tips dan Obat Alami Demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang sering melanda seluruh lapisan masyarakat. Saat demam melanda, tubuh akan mengalami kenaikan panas dari dalam tubuh yang terjadi karena pada saat itu respon tubuh sedang melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Namun setiap respon tersebut bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh individunya. Namun, jika anda terkena demam alangkah baiknya jika anda menggunakan obat alami demam daripada anda harus menggunakan obat-obatan yang memiliki kandungan zat kimia berlebih.

Berikut akan dibahas mengenai cara terbaik dalam menangani kondisi tubuh yang terserang demam dengan menggunakan cara-cara yang alami, antara lain yaitu:

- Usahakan untuk tidak perlu memakai jaket jika sudah menggunakan selimut, pilihlah salah satu antara jaket dan selimut jika anda terkena demam tinggi. Selain itu, pergunakanlah pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Hal tersebut dapat mengurangi demam.

- Jika anda berada di tempat yang tergolong memiliki udara yang panas, usahakanlah untuk menyalakan kipas angin atau AC dengan tujuan menyejukkan udara kamar yang anda tempati.

- Kemudian cobalah untuk mandi atau jika anda tidak kuat, sekalah tubuh anda dengan menggunakan air hangat. Air hangat tersebut bisa menjadi langkah selanjutnya bagi anda yang sudah menggunakan obat penurun panas.

Obat Alami Demam

- Hal yang paling penting yang harus anda lakukan yaitu dengan meminum banyak air putih dengan kondisi air yang dingin atau air dengan suhu ruangan. Hal tersebut akan membantu tubuh mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui air seni.

Berikut diatas, merupakan cara alami yang dapat anda lakukan jika terserang demam. Disamping itu, anda pun bisa meminum obat alami demam seperti contohnya nanas. Nanas sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang demam, disamping memiliki kadar vitamin C didalam nanas mengandung anti peradangan alami yang berfungsi untuk mengurangi demam yang menyerang tubuh anda. Nanas ini pun bisa anda konsumsi dalam bentuk jus sehingga memudahkan anda untuk mengonsumsinya. Selain itu, dengan mengkonsumsi jus nanas ini akan membantu anda untuk tetap terjaga cairan dari dalam tubuh yang anda butuhkan.

Bawang Merah Sebagai Obat Alami Demam Anak

Demam merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit ditambah dengan asupan makan anak yang kurang akibat nafsu makan yang kurang dari si kecil. Namun, jika anak anda sudah terserang demam, ada baiknya ibu langsung mengambil tindakan untuk memberi obat untuk anda dengan dosis dari dokter atau bisa juga menggunakan obat alami demam anak seperti contohnya bawang merah.

Disamping itu, ibu pun harus tetap menjaga pola makan anak agar kondisi tubuh anak bisa cepat pulih seperti semual. Walaupun terkadang nafsu makan anak sulit sekali dikembalikan, terlebih disaat sakit. Permasalahan nafsu makan pada anak memang sering terjadi, akibat anak anda terkadang hanya ingin memakan jajanan-jajanan yang belum tentu sehat, oleh sebab itu ibu harus lebih ekstra berjuang untuk mengembalikan nafsu makan anak. Salah satunya dengan memberikan sari kunyit kepada anak untuk menambah nafsu makan maupun sebagai obat demam.

Jika ibu ingin menggunakan kunyit sebagai salah satu obat demam untuk anak, maka yang harus ibu lakukan yaitu dengan mengambil kurang lebih 10 gram kunyit untuk kemudian diparut dan diseduh dengan menggunakan air panas cukup setengah gelas saja. Setelah parutan kunyit tercampur rata dengan air panas dan dirasa sudah cukup dingin, maka langkah selanjutnya yang harus ibu lakukan yaitu memeras campuran air dan parutan kunyit tersebut hingga yang tersisa hanya sari dari kunyit tersebut. Kemudian tambahkanlah jeruk nipis serta madu. Setelah jadi, obat ini bisa diberikan kepada anak anda sebagai obat demam.

Jika dirasa masih kurang, ibu bisa menggunakan bawang merah sebagai obat alami demam anak. Penggunaan bawang merah ini bukan untuk dikonsumsi, melainkan cukup dengan membalurkan parutan bawang merah yang telah dicampur dengan minyak kelapa atau bisa juga minyak kayu putih ke bagian tubuh anak anda. Khususnya balurkan pada tubuh anak anda pada bagian kepala (ubun-ubun anak), perut, punggung, lengan dan telapak kaki anak anda. Hal ini akan membantu menurunkan demam anak anda.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com