Basmi Clavus dengan Obat Alami Mata Ikan

Mata ikan adalah nama penyakit kulit yang agak-agak mirip dengan kutilan. Penyakit mata ikan meskipun tidak begitu berbahaya tapi selain mengganggu penampilan anda, jika didiamkan dan tidak diobati maka akan mengenggu aktifitas Anda sehari-hari apalagi jika yang terkena di daerah telapak kaki, tempat tumpuan aktifitas kamu.

Dalam dunia kedokteran penyakit ini disebabkan oleh virus human papilomavirus (HPV). Virus HPV ada dua jenis yakni HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 menyerang pada kaki, HPV-2 menyerang pada tangan. Faktor virus bisa timbul di kulit Anda tentunya ada penyebabnya sehingga kulit Anda menjadi terluka atau tergores dan virus tersebut bisa masuk. Faktor gesekan atau tekanan terus menerus pada daerah tempat timbulnya mata ikan adalah salah satu penyebabnya dan penyebab lainnya seperti memakai kaos kaki atau sepatu yang lembab, kotor (jarang dicuci), alas kaki terlalu sempit hingga kaki jadi lecet.

Jika Anda memang belum berniat untuk kedokter, bisa saja Anda obati sendiri dengan obat alami ataupun dari apotik, salah satunya yang sudah terkenal adalah CALLUSOL. Obat ini dipercaya bisa mengikis penyakit tersebut (aturan pakai 2x sehari) dan kaki dibersihkan dulu sebelum obat callusol dipakai. Sebelum memakai obat ini, kamu harus melindungi area sekitar dari mata ikan dengan plester atau hansaplash agar kulit disekitar yang tidak kena penyakit mata ikan ini bisa terlindungi, karena obat callusol bisa mengikis kulit yang sehat juga.

Jika akar dari mata ikan dikulit sudah dalam, memakai obat ini cukup sulit untuk menyembuhkannya. Solusi terbaik mungkin Anda harus ke dokter dan melakukan operasi kecil untuk mengangkat penyakit mata ikan ini.

Obat Alami Mata Ikan

Obat Alami Penyakit Mata Ikan


Sebelum menulis tips mengobati mata ikan dengan cara alami yang rata-rata sudah banyak Anda temui di internet, admin carasehat.co.id ingin berbagi salah satu obat alami rahasia yang didapat dari seorang perawat salah satu rumah sakit ternama di jakarta yang pernah menerapkannya dan sangat ampuh tapi belum banyak yang share atau belum banyak mengetahuinya, apa itu?

Obat alami mata ikan rahasia tersebut adalah sabun colek + kapur sirih, standar adukan jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer, sedang saja. Lindungi kulit disekitar mata ikan dengan kain, plester atau hansaplash sehingga yang tampak hanya mata ikan itu saja. Sebelum tidur oleskan campuran sabun colek dan kapur sirih tadi di area mata ikan kulit Anda, dalam 3 hari maka penyakit tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Simpan tips ini karena tidak banyak yang mengetahuinya!!

Oke lanjut ke obat alami lainnya yang sudah biasa Anda temui di internet diantaranya adalah menggunakan jeruk nipis dan mengoleskannya ke clavus merupakan salah satu obat alami mata ikan. Clavus atau mata ikan adalah tonjolan yang memiliki inti yang mirip dengan mata ikan yang disebabkan oleh gesekan benda keras dan virus papilomavirus sehingga menimbulkan penebalan kulit yang terasa nyeri dan sakit jika disentuh. Bagian yang sering terkena adalah jari tangan dan kaki, tumit.

Beberapa hal yang harus diperhatikan atau gejala yang munculnya mata ikan, antara lain:


  • Timbulnya gatal-gatal pada kulit (jari tangan, jari, kaki, tumit, atau telapak kaki).
  • Munculnya benjolan kecil yang berisi air.
  • Dari benjolan kecil tersebut, dapat menjadi benjolan yang besar dan keras.
  • Jika benjolan tersebut ditekan, maka akan terasa sakit.


Mata ikan dapat disembuhkan dengan beberapa pengobatan tradisonal, diantaranya:



  1. 1. Menumbuk halus daun pacar kuku dan daun camcau minyak masing-masing ¼ genggam, tambahkan dan aduk dengan 1sdm air jeruk nipis. Balurkan dan perban. Ganti sehari 2 kali.
  2. 1/4 genggam daun gambir dan daun pacar kuku lalu ditumbuk halus dan ditambahkan 2sdm air jeruk nipis, remas, balur lalu ikat dengan kain atau perban. Ganti balutan 2 hari sekali.
  3. Menumbuk 5 lembar daun durian dan ½ jari ringpang bangle yang telah dicuci sampai halus. Tambahkan 1sdm air jeruk nipis, 2sdm madu, 4sdm air masak, remas. Saring dan minum. Sehari 3x dengan takaran 1/3 bagian ramuan.
  4. Mengoleskan bawang putih pada mata ikan atau menghaluskannya lalu menempelkannya.
  5. Pepaya yang masih mentah, dihaluskan dengan blender, ambil 1/2 sdm, oleskan dengan menggunakan kapas.
  6. Meredam bagian yang mengalami mata ikan ke dalam sari cuka apel selama 25 menit dan menggosok mata ikan dengan batu apung atau hanya dengan memperban bagian yang sudah dibasahi dengan cuka apel.


Pencegahan dapat juga dilakukan selain mengobati dengan obat alami mata ikan diantaranya, menghindari makanan berminyak dan manis, menjaga keseimbangan kadar asam basa tubuh dengan jus sayuran, mengoleskan vitamin E atau bawang putih yang sudah dihaluskan, menggunakan kaus kaki dari bahan katun, menjaga kebersihan kaus kaki, mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur.

close