Definisi dan Obat Alami Kurap

Daun tembakau merupakan salah satu obat alami kurap. Kurap merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh beberapa jamur dermatofita antara lain Trychopyton (T), Microsporum (M), Epidermophyton (E) yang biasanya tumbuh di daerah yang lembab dan hangat. Jika tidak segera diobati, akan menyebabkan kulit bersisik dan kasar. Pada anak-anak, penyakit ini dapat sangat menular dan menyebabkan ruam kemerahan yang bersisik dan kadang terasa gatal, kerontokan rambut yang dapat meninggalkan pitak.

Kurap dapat terjadi di beberapa bagian tubuh, antara lain:

- Kaki. Disebabkan oleh jamur Trychopyton (T), Epidermophyton (E) yang dapat tumbuh di daerah yang lembab dan hangat di antara jari kaki yang dapat menimbulkan sisik halus tanpa atau dengan gejala gatal dan nyeri.
- Pada selangkangan yang bisa disebut juga dengan penyakit jick ith dan lebih sering ditemukan pada pria.
- Di kulit kepala disebabkan oleh Trychopyton (T), Microsporum (M) dan sangat menular pada anak. Dapat menimbulkan kerontokan yang dapat meninggalkan bercak pitak.
- Di kuku karena infeksi jamur Trychopyton (T). Jamur dapat masuk ke dalam kuku dan menghasilkan penebalan, kuku yang berubah bentuk dan kuku tidak bercahaya.

Beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati kurap, antara lain:

Obat Alami Kurap

- Lengkuas. Memotong ujung lengkuas dan membubuhkan sedikit bubuk belerang dan dioleskan ke bagian yang terkena kurap. Dilakukan selama 1-2 kali sehari.
- Daun tembakau, dengan menumbuk halus dan diolekan ke area. Lakukan 1-2 hari sekali.
- Daun jinten. Caranya menumbuk halus daun jinten 5 lembar, 3 siung bawang putih dan ditambahkan air kelapa secukupnya lalu oleskan. Lakukan 1-2 kali sehari.

Untuk pencegahan datangnya kembali kurap dan mencegah penularan, sebaiknya tetap menjaga kebersihan untuk menghindari penyebaran infeksi jamur, hindari memakai pakaian tebal dalam jangka waktu yang lama di cuaca yang lembab hangat agar tetap dingin dan kering, menghindari hewan yang terinfeksi, dan jangan berbagi barang pribadi misalnya handuk yang bisa menjadi sarana penularan. Namun, jika sudah terjangkit, tidak salahnya melakukan pengobatan dengan obat alami kurap tersebut.

close