Gejala dan Obat Alami Gondok

Apakah anda tahu apa saja gejala dan obat alami gondok? Terganggunya kelenjar tiroid sehingga tidak bisa melakukan sekresi yang sesuai dengan kebutuhan pada tubuh adalah pengertian dari penyakit gondok. Gangguan dari kelenjar tiroid itu biasanya terjadi karena disebabkan oleh kekurangan kadar yodium pada tubuh kita. Ada penyakit gondok biasa, tetapi ada juga penyakit gondok yang lain yang disebut gondok beracun yang lebih berbahaya.

Banyak cara untuk mengobati penyakit gondok. Yang sudah umum dan sering dilakukan adalah berobat ke rumah sakit atau ke dokter. Sebelum itu kita harus mengetahui gejala-gejala awal penyakit gondok. Gejalanya adalah:

- Bengkaknya kelenjar ludah.
- Mulut tegang dan nyeri saat mengunyah dan menelan makanan.
- Berkurangnya selera makan.
- Sering mual dan muntah berulang kali.
- Meningginya suhu badan.
- Sering merasakan dengungan di telinga.
- Di tenggorokan timbul tonjolan yang membengkak dan akan semakin besar.

Jika terjadi ciri-ciri di atas, mungkin anda terserang penyakit gondok. Sebaiknya anda segera ke dokter untuk mendapat pertolongan pertama dan dapat melakukan pengobatan tradisional sebagai berikut:

Obat Alami Gondok

1. Menggunakan belimbing wuluh dengan cara rebus ranting muda belimbing wuluh dengan daunnya kemudian tambahkan bawang merah dan tumbuk halus, oleskan ramuan itu ke tempat yang dirasa sakit.

2. Menggunakan tanaman ciplukan dengan cara merebus tanaman ciplukan tersebut dengan air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Diminumkan kepada si penderita sebanyak 2 kali dalam sehari.

3. Menggunakan akar jarong, caranya rebus akar jarong dengan air hingga mendidih dan tersisa setengahnya kemudian saring dan biarkan dingin. Diminumkan kepada penderita sebanyak 2 kali sehari.

Itulah beberapa obat alami gondok yang bahan pengobatannya dapat kita jumpai di sekitar kita. Sebaiknya anda selalu menjaga kesehatan anda dan melakukan pengobatan secara rutin agar anda cepat sembuh dari penyakit gondok ini. Tetapi jika anda menderita gondok beracun, sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter karena gondok beracun lebih berbahaya daripada gondok biasa.

close