Kiat dan Obat Alami Masuk Angin

Mengkonsumsi kencur dengan garam merupakan salah satu obat alami masuk angin. Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang masyarakat. Penyakit ini timbul dikarenakan berkumpulnya gas yang tidak merata dalam tubuh. Gejala yang ditimbulkan mirip dengan flu yaitu badan pegal, tubuh tidak nyaman, kedinginan, mudah lelah, mudah mengantuk, demam, berkeringat dingin, nafsu makan yang berkurang.

Penyebab utama masuk angin karena udara dingin yang berlebihan. Misalnya berada di ruangan yang ber-AC terlalu lama, hujan-hujanan. Dan penyempitan pembuluh darah karena dingin. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masuk angin antara lain:

- Mengenakan jaket yang tebal dan menutup rapat tubuh jika bepergian keluar.
- Makan makan yang hangat.
- Kerokan.
- Mengurangi mengkonsumsi minuman atau makanan dingin.
- Berkumur dengan air garam dan baking soda untuk membunuh bakteri dalam mulut.

Selain melakukan cara diatas, dapat juga dengan obat tradisional, misalnya:

1. Merebus gula kelapa, cabe merah, 3 buah asam, 10 lembar daun jambu biji, garam denagn 1 liter air, saring dan dikonsumsi 2 hari sekali.

Obat Alami Masuk Angin

2. 3 siung bawang putih, kupas dan tumbuk halus dicampur dengan 1sdm madu dan gula batu, aduk lalu saring dan dikonsumsi di pagi hari.

3. Merebus 10gr kulit jeruk purut, 25gr temulawak, 10gr daun mint, 5 buah cabai jawa dengan 600ml air hingga air tersisa setengahnya. Saring dan diminum 2x sehari.

4. 15gr jahe, 25gr kencur, 3 butir kapulaga dan air 400 cc direbus. Minum 2x sehari.

5. 25gr temulawak, 15 gr jahe, 80gr lidah buaya, 20gr kencur direbus dalam 500 cc air. Diminum 2x sehari.

6. 6 buah bawang merah dicampurkan dengan air kapur sirih. Diremas hingga merata lalu diusapkan ke perut, punggung, kaki dan tengkuk.

Selain dengan obat alami masuk angin, dapat juga dengan meminum air jahe hangat untuk menghangatkan tubuh, menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon, meminum jus jeruk karena kaya akan vitamin C yang dapat membantu melawan infeksi dan merupakan antioksidan. Atau dengan madu herbal pahit yang dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menghangatkan tubuh.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com