Obat Alami Alergi, Lebih Baik Dicegah

Pernahkah Anda mengalami suatu reaksi alergi? Obat alami alergi bisa membantu mengatasinya, namun reaksi semacam ini kadang terjadi mendadak. Alergi adalah suatu reaksi yang terlalu berlebih dari sistem kekebalan tubuh. Normalnya, sistem imunitas melindungi tubuh dari virus dan bakteri berbahaya dengan memproduksi antibodi. Namun pada reaksi alergi, sistem imunitas justru bereaksi melawan zat-zat yang tidak berbahaya. Zat yang menyebabkan alergi ini disebut alergen.

Alergi mempunyai banyak macam, dan reaksi terhadap suatu alergen bisa berbeda-beda. Secara umum, gejala suatu alergi adalah:

- Gatal-gatal dan mata berair,
- Bersin-bersin,
- Ruam di kulit,
- Badan terasa lelah dan sakit,
- Timbul bercak-bercak merah di kulit dan gatal-gatal,
- Jika sudah parah, kesulitan bernapas,
- Kesemutan di tangan, kaki, kepala, dan bibir.

Karena jika dibiarkan alergi bisa membahayakan nyawa, maka berikut adalah obat tradisional yang bisa membantu mengatasi alergi:

1. Madu
Disarankan karena mengandung serbuk sari dan berbagai bahan alami yang berguna untuk mengobati alergi. Disarankan untuk memberikan madu lokal.

2. Vitamin C
Vitamin C adalah obat antihistamin alami yang mampu mengobati alergi. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, dan sambal bisa membantu.

Obat Alami Alergi

3. Antioksidan
Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti anggur, pisang, tomat, dan sayur-sayuran lain.

4. Air garam
Berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi saat alergi.

5. Omega-3
Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bisa menghambat sintesis bahan kimia penyebab inflamasi yang memicu reaksi alergi. Makanan dari kacang kedelai dan minyak ikan bagus untuk dikonsumsi.

6. Bawang putih
Bumbu dapur ini mempunyai kandungan antivirus yang efektif untuk menghilangkan alergi. 4 siung bawang putih mentah dicampur madu dapat dikonsumsi setiap hari untuk mencegah alergi.

Itulah beberapa obat alami alergi yang dapat digunakan untuk mencegah atau mengatasi terjadinya suatu reaksi alergi. Tentu saja, mengobati alergi harus melihat juga seberapa parah gejala tersebut, apakah akan langsung hilang, atau perlu pengobatan khusus. Tentu saja, cara yang paling baik adalah menghindari sumber dari alergi tersebut dan selalu berhati-hati.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com