Konsumsi Obat Alami Anemia untuk Menambah Darah

Penyakit kurang darah atau anemia menjadikan penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas fisik dengan bebas. Karena itu, obat alami anemia sering disarankan untuk dikonsumsi, agar badan tidak cepat lemas. Anemia merupakan penyakit di mana sel darah merah alias hemoglobin dalam tubuh kurang dari kadar normal. Banyak wanita yang sering didiagnosa menderita penyakit ini.

Kenapa orang bisa terkena anemia? Penyebabnya adalah:

- Kurang zat besi, sering terjadi pada wanita yang mengalami haid,
- Pendarahan,
- Genetik atau keturunan,
- Kurang mendapat vitamin B12,
- Kurang asam folat, biasa terjadi pada ibu hamil,
- Sel darah merah yang pecah,
- Terjadi gangguan pada sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah.

Penyakit anemia ini sebenarnya dapat diatasi. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa mengatasinya:

1. Bayam merah
Bayam merah sebanyak 60 gram direbus, lalu dicampur dengan kuning telur dari ayam kampung, dan dimakan dua kali sehari.

2. Hati ayam
Hati ayam yang direbus bersama 10 butir angco atau ditim bisa dimasak lalu dimakan teratur sebanyak dua kali sehari.

Obat Alami Anemia

3. Buah buni
50 buah buni, asam kawak sebesar 2 jari, dan ¾ jari untuk rimpang kunyit, semua dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Masukkan ke dalam air sebanyak setengah cangkir, ditambah madu sesendok makan. Aduk, peras, lalu saring, dan diminum 2 hingga 3 kali sehari.

4. Jahe merah
Jahe merah yang sudah dikeringkan sebanyak 5 gram dicuci, diiris, dan direbus dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa 3 gelas. Minum air rebusan sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3 gelas tiap kalinya.

5. Daun jombang
30 gram daun jombang segar dicuci, lalu rebus atau tumbuk, dan kemudian diperas. Minum air perasan 1 kali sehari. Tambah jeruk nipis untuk rasanya.

Itulah beberapa obat alami anemia yang dapat membantu penderitanya untuk menambah produksi sel darah merah di dalam tubuh. Tentu saja, obat ini juga harus diimbangi dengan memakan makanan bergizi dan mengandung banyak zat besi. Selain itu, mengurangi konsumsi kopi dan the berlebih akan membantu dalam proses penyerapan zat besi yang lebih baik.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

1 komentar:

21 Maret 2015 21.40 delete

kalo durian gimana? kan orang dengan hipertensi bisa naik tekanan darahnya jika mengkonsumsi durian. tapi untuk yang punya masalah kesehatan seperti anemia bisa dengan konsumsi durian?

Reply
avatar

www.sebats.com